DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGELOLAAN RETRIBUSI PARKIR YANG EFEKTIF DAN EFISIEN DI JL SINGABANA DAN JL.AGUSSALIM KECAMATAN PULAU LAUT UTARA KABUPATEN KOTABARU
PENGARANG:ENY SRI HARMENY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-31


ABSTRACT

 

 

Eny Sri Harmeny, Effective and Efficient Parking Retribution Management on Singabana Street and Agus Salim Street, North Pulau Laut Sub-District, Kotabaru Districts. Fifi Swandari (Supervisor) and Dian Masita Dewi (Co- Supervisor).

 

This study aims to determine and analyze the effectiveness and efficiency parking retribution management on Singabana Street and Agus Salim Street, as well as the obstacles faced and strategies that should be taken by the Regional Government to increase retribution revenue in Kotabaru Districts.

This research method uses quantitative descriptive with the primary data source is interviews with four respondents and the secondary data source is the revenue plan, revenue realization and costs incurred by the local government from 2015 to 2019 from the Transportation Office on Kotabaru Districts. Data analysis used ratio analysis with effective and efficient value interpretation and descriptiveanalysis.

The results of the study state that parking retribution from 2015 to 2019 on Singabana Street and Agus Salim Street is less effective, but quite efficient. The obstacles faced are the limited staff for supervision, limited parking space and the difficulty of applying sanctions to both managers and illegal parking. The strategy taken is adding employees, coordinating with related parties, optimizing and increasing the number of parking spots, and imposing sanctions or rewards indiscriminately.

 

Keywords: Parking Retribution Management, Effectiveness, Efficiency


 

 

ABSTRAK

 

Eny Sri Harmeny, Pengelolaan Retribusi Parkir yang Efektif dan Efisien di Jl. Singabana dan Jl. Agus Salim Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru. Fifi Swandari (Pembimbing Utama) dan Dian Masita Dewi (Pembimbing).

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas dan efisiensi retribusi parkir di Jl. Singabana dan Jl. Agus Salim, serta kendala yang dihadapi dan strategi yang harus dilakukan Pemerintah Daerah untuk meningkatkan penerimaan retribusi di Kabupaten Kotabaru.

Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan sumber data primer adalah wawancara kepada empat orang responden dan sumber data sekunder adalah rencana penerimaan, realisasi penerimaan dan biaya yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah dari tahun 2015 s/d 2019 dari Dinas Perhubungan Kabupaten Kotabaru. Analisis data menggunakan analisis rasio dengan interprestasi nilai efektif dan efisien serta analisis deskriptif.

Hasil penelitian menyatakan bahwa pungutan retribusi parkir mulai tahun 2015 s/d 2019 di Jl. Singabana dan Jl. Agus Salim kurang efektif, namun cukup efisien. Kendala yang dihadapi adalah terbatasnya pegawai untuk pengawasan, terbatasnya lahan parkir dan sulitnya penerapan sanksi baik kepada pengelola maupun parkir ilegal. Strategi yang dilakukan adalah penambahan pegawai, melakukan koordinasi dengan pihak terkait, mengoptimalkan dan memperbanyak titik lokasi lahan parkir, dan penerapan sanksi atau reward tanpa pandang bulu.

 

Kata Kunci: Pengelolaan Retribusi Parkir, Efektivitas, Efisiensi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI