DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Implementasi Etnomatematika Budaya Banjar dalam Pengembangan Bahan Ajar Geometri di Kelas VII SMP/MTs | |
PENGARANG | : | SOPHIA ELFAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-03-31 |
Matematika masih menjadi pelajaran yang kurang diminati oleh sebagian
besar siswa karena sifatnya yang abstrak dan manfaatnya dalam kehidupan
kurang dirasakan oleh siswa. Salah satu materi matematika yang dianggap sulit
dipahami adalah geometri, padahal geometri merupakan cabang matematika yang
mempunyai peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, perlunya
dikembangkan bahan ajar yang dapat mengaitkan materi geometri dengan aspek
kehidupan yang dapat menarik minat belajar dan memudahkan siswa dalam
memahami konsep geometri, misalnya budaya. Keterkaitan antara matematika
dengan budaya disebut etnomatematika. Tujuan dari penelitian ini adalah
menghasilkan bahan ajar geometri di kelas VII SMP/MTs berupa modul segiempat
berbasis etnomatematika yang valid. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Research and Development (R&D) berdasarkan model dari
Plomp yang terdiri dari tahap investigasi awal (prelimenary investigation), tahap
desain (design), tahap realisasi/konstruksi (realization/construction), dan tahap tes,
evaluasi dan revisi (test, evaluation and revision. Instrumen penelitian dalam
penelitian ini menggunakan lembar validasi yang diisi oleh 3 validator. Teknik
analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data hasil validasi. Hasil uji
validitas terhadap modul yang dikembangkan menunjukkan kriteria valid dengan skor
rata-rata yaitu 3,20. Dengan demikian, penelitian ini menghasilkan bahan ajar
geometri di kelas VII SMP/MTs berupa modul segiempat berbasis etnomatematika
yang valid.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI