DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Etnomatematika Budaya Banjar dalam Pengembangan Bahan Ajar Geometri di Kelas VII SMP/MTs
PENGARANG:SOPHIA ELFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-03-31


Matematika masih menjadi pelajaran yang kurang diminati oleh sebagian 

besar siswa karena sifatnya yang abstrak dan manfaatnya dalam kehidupan 

kurang dirasakan oleh siswa. Salah satu materi matematika yang dianggap sulit 

dipahami adalah geometri, padahal geometri merupakan cabang matematika yang

mempunyai peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, perlunya 

dikembangkan bahan ajar yang dapat mengaitkan materi geometri dengan aspek 

kehidupan yang dapat menarik minat belajar dan memudahkan siswa dalam 

memahami konsep geometri, misalnya budaya. Keterkaitan antara matematika 

dengan budaya disebut etnomatematika. Tujuan dari penelitian ini adalah 

menghasilkan bahan ajar geometri di kelas VII SMP/MTs berupa modul segiempat 

berbasis etnomatematika yang valid. Metode penelitian yang digunakan dalam 

penelitian ini adalah Research and Development (R&D) berdasarkan model dari 

Plomp yang terdiri dari tahap investigasi awal (prelimenary investigation), tahap 

desain (design), tahap realisasi/konstruksi (realization/construction), dan tahap tes, 

evaluasi dan revisi (test, evaluation and revision. Instrumen penelitian dalam 

penelitian ini menggunakan lembar validasi yang diisi oleh 3 validator. Teknik 

analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data hasil validasi. Hasil uji 

validitas terhadap modul yang dikembangkan menunjukkan kriteria valid dengan skor 

rata-rata yaitu 3,20. Dengan demikian, penelitian ini menghasilkan bahan ajar 

geometri di kelas VII SMP/MTs berupa modul segiempat berbasis etnomatematika 

yang valid.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI