DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Ilmu Sosiologi dan Pendidikan IPS: Studi Literatur Ruang Lingkup Sosiologi Hingga Ras dan Etnis
PENGARANG:INA EKA INDRIYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-04-01


 

Ina Eka Indriyani. 2020. Ilmu Sosiologi dan Pendidikan IPS: Studi Literatur Ruang Lingkup Sosiologi Hingga Ras dan Etnis. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pembimbing I: Dr. Syaharuddin, M.A, dan pembimbing II: Jumriani, M. Pd.

Ilmu Sosiologi dan Pendidikan IPS merupakan mata kuliah yang diajarkan pada mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial. Pada mata kuliah ini secara khusus menggambarkan kontribusi ilmu sosiologi dalam pendidikan IPS, sehingga diharapkan mahasiswa mampu menerapkan konsep sosiologi bagi kebermanfaatan Pendidikan IPS. Ilmu sosiologi berkaitan dengan masyarakat. Masyarakat berubah sesuai tuntutan perkembangan zaman yang ada. Kondisi masyarakat sekarang ini yang semakin individualis menyebabkan banyak aspek seringkali dilupakan, seperti tata krama kepada orang tua, nilai maupun norma yang ada di masyarakat. Oleh karena itu Pendidikan IPS berusaha memecahkan masalah-masalah sosial yang ada di masyarakat dengan memanfaatkan konsep sosiologi.

Desain penelitian dalam penelitian ini adalah literature review atau tinjauan pustaka. Strategi pencarian literatur dalam penelitian yaitu melalui pencarian artikel dengan tema yang sesuai. Cara Penelusuran data diperoleh melalui penelusuran di buku dan google scholar sehingga memperoleh data atau jurnal-jurnal yang relevan sesuai dengan isi penelitian. Penelitian ini disintesis menggunakan metode naratif dengan mengelompokkan data-data hasil ekstraksi yang sesuai dan diukur untuk menjawab tujuan. 

Hasil dan pembahasan 1) Ruang lingkup sosiologi dapat dibedakan secara umum dan secara khusus 2) Paradigma struktural fungsional memandang bahwa masyarakat terdiri dari bagian-bagian saling berhubungan serta dipelihara oleh mekanisme keseimbangan. 3) Paradigma konflik merupakan alternatif dari ketidakpuasan terhadap analisis fungsionalisme struktural. 4) Interaksionisme simbolik menekankan pada hubungan antara simbol dan interaksi. 5) Konsepsi masyarakat, masyarakat diartikan kumpulan manusia yang memiliki ikatan dalam suatu kesatuan. 6) Sex dan gender, sex digunakan untuk mengidentifikasi perbedaan laki-laki dan perempuan dari segi anatomi biologi, sedangkan gender digunakan untuk mengidentifikasi perbedaan laki-laki dan perempuan dari segi sosial budaya. 7) Ras dan etnis, ras merupakan ciri-ciri biologis yang membedakan seseorang dengan yang lain, etnis merupakan pengidentifikasian seseorang atas dasar keturunan serta peninggalan budaya bersama.

Kata kunci: Pendidikan IPS, Ilmu Sosiologi, Literature Review. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI