DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIKUM SISWA KELAS XII IPS 2 SMA KORPRI BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2017/2018
PENGARANG:FEBBY ROSALINA
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-14


Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui gambaran motivasi belajar (2) mengetahui gambaran hasil belajar praktikum (3) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar praktikum. Dengan adanya motivasi belajar siswa merasa termotivasi dan menjadikan hasil belajar meningkat pada saat proses belajar mengajar.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian terdiri dari 67 siswa, teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes, analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif, regresi, dan korelasi sederhana, dilanjutkan dengan uji korelasi parsial.
Hasil penelitian menunjukkan, analisis deskriptif persentase motivasi belajar sebanyak 20 orang siswa (29,85%) dengan kategori sangat rendah, hasil belajar sebanyak 56 orang siswa (83,58%) dengan kategori sangat baik. Hasil uji hipotesis menunjukkan, bahwa terdapat pengaruh positif yang tidak signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar (R = 0,500, p > 0,05). Dari 6 (enam) indikator motivasi belajar didapat indikator adanya harapan dan cita-cita masa depan merupakan determinan yang paling kuat terhadap hasil belajar siswa dengan ry3-12456 = 0,09; p > 0,05.
Kata Kunci: Motivasi belajar, Hasil Belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI