DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE DAN TINGKAT PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Perusahaan Sektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018)
PENGARANG:NIKEN TUNGGAL MANDHANISITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-04-01


Niken Tunggal Mandhanisita. 2021.Analisis Pengaruh Corporate Governnace dan Tingkat Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan (Perusahaan Sektor Perbankan yang terdaftar di BEI Tahun 2016-2018).Pembimbing: Enny Hardi, SE, M.Si, Ak, CA

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh dewan komisaris, dewan komisaris independen, dewan direksi, komite audit dan tingkat pengungkapan corporate social responsibility terhadap kinerja keuangan pada Perusahaan Sektor Perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2016-2018.

Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif, yaitu penelitian yang mencari hubungan antara satu variabel dengan variabel lain. Populasi dalam penelitian ini adalah  perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, berdasarkan hasil pemilihan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling, diperoleh 32 perusahaan dengan periode pengamatan tiga tahun, yaitu pada tahun 2016 sampai dengan 2018, sehingga total pengamatan berjumlah 96. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan, karena semakin banyak jumlah dewan komisaris akan menghambat efektivitas pengambilan keputusan. (2) Dewan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan, karena fungsi dewan komisaris independen tidak maksimal dan belum bisa bersikap independent terhadap perusahaan. (3) Dewan direksi tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan, karena jumlah direksi yang besar akan memicu praktik kepentingan individu dan mengesampingkan tugas dan tanggungjawab direksi. (4) Komite audit berpengaruh terhadap kinerja keuangan, karena adanya komite audit fungsi pengawasan terhadap direksi dalam menerapkan tata kelola perusahaan menjadi lebih optimal. (5) CSR berpengaruh terhadap kinerja keuangan, karena pengungkapan CSR yang tinggi akan meningkatkan kepercayaan stakeholders terhadap perusahaan dan mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan.

 

Kata Kunci:Kinerja Keuangan, Dewan Komisaris, Dewan Komisaris Independen, Dewan Direksi, Komite Audit, dan Corporate Social Responsibility.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI