DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBERDAYAAN KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUB) PADA NELAYAN DI KECAMATAN KUSAN HILIR KABUPATEN TANAH BUMBU TAHUN 2018
PENGARANG:ADI HAIDIR PUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-04-01


ADI HAIDIR PUTRA 1620422310001Pemberdayaan Kelompok Usaha Bersama (KUB) Pada Nelayan Di Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2018 yang dibimbing oleh Andi Tenri Sompa dan M. Riduansyah Syafari.

Kata Kunci:  Pemberdayaan, KUB, Nelayan, Kusan Hilir

Kabupaten Tanah Bumbu merupakan kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan yang sebagian besar penduduknya bermukim atau bertempat tinggal di wilayah pesisir. Secara umum masyarakat pesisir hidupnya tergantung dari pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya perikanan, seperti nelayan, pembudidaya ikan, pengolah ikan dan pedagang ikan. Hal ini menunjukkan bahwa penduduk di di Kabupaten Tanah Bumbu khususnya yang berada persis pesisir pantai seperti kecamatan Kusan Hilir harus menggantungkan perekonomian dan pembangunan di sektor laut terutama yang berprofesi sebagai nelayan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan masyarakat dan kelompok nelayan dalam program bantuan Kapal Nelayan, serta mengetahui faktor pendukung serta penghambat implementasi program bantuan kapal nelayan sehingga dalam perkembangannya KUB (Kelompok Usaha Bersama) dapat meningkatkan pendapatan anggota kelompoknya di Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu. Metode Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan deskriptif evaluative yang dimaksudkan untuk melakukan evaluasi mengenai pemberdayaan Bantuan Kapal Nelayan dengan menggunakan KUB.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya potensi perikanan Kabupaten Tanah Bumbu menjadikan sub sektor perikanan memiliki nilai yang cukup strategis dalam peta perekonomian daerah maupun antar kabupaten. Semua kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu menimal memiliki salah satu potensi perikanan (perairan laut, perairan umum dan budidaya).Sebagai penentu kinerja kelembagaan Kelompok Usaha Bersama (KUB) perlunya tiga aspek yakni Infrastruktur, Kelembagaan dan Jejaring Ekonomi yang bersinergi agar mencapai sebuah tujuan yang sesuai dengan kondisi perekonomian masyarakat. Masyarakat pesisir pantai di Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu melalui Kelompok Usaha Bersama telah menjalankan tiga aspek tersebut dimana secara infrastuktur organisasi perlu adanya monitoring serta evaluasi dari pihak-pihak yang berwenang serta masyarakat sebagai stakeholder.  Pemberdayaan keluarga nelayan di pesisir pantai dengan program KUB, seperti bantuan Kapal, bantuan beras, bantuan langsung tunai,  dengan tujuan agar para nelayan mengembangkan usaha mereka dan mereka mampu menjadi pribadi yang lebih baik. Dari peran-peran inilah pendamping mampu memberikan bimbingan dan arahan kepada para anggota KUB Mekar Buana dan Buih Pesisir desa Kusan hilir yang hasilnya adalah meningkatnya pemberdayaan masyarakat pesisir pantai di Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI