DIGITAL LIBRARY



JUDUL:OPTIMALISASI RETRIBUSI PASAR NIAGA TIMUR DASAR BANJARMASIN
PENGARANG:DINA RUSMILA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-04-01


Penelitian ini dilatar belakangi dengan potensi pasar di kota Banjarmasin yang cukup besar, pengelolaanya memang harus di optimalkan. Hal ini tentunya juga akan meningkatkan penerimaan Retribusi pasar.

 

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan retribusi pasar niaga timur dalam meningkatkan pendapatan retribusi pasar niaga timur dan untuk meningkatkan faktor-faktor pendorong dan penghambat dalam pengelolaan retribusi pasar niaga timur dasar.

Berdasarkan hasil pengambilan data dilapangan secara langsung melalui wawancara kepada Kasi Pengelolaan Pasar dalam Upaya Pengoptimalisasi Pemungutan Retribusi Pasar Niaga Timur Dasar di Kota Banjarmasin. Berdasarkan hasil dari pendapat diatas bahwa Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin telah  berupaya untuk mengoptimalkan pemungutan Retribusi Pasar Niaga Timur di Kota Banjarmasin. Pelaksanaan dalam pengelolaan pemungutan retribusi di pasar Niaga Timur sudah berjalan dengan semestinya dan untuk pengelolaan pun sudah berjalan dengan semestinya. Karena dalam pelaksanaan yang dikelola oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin dengan cara menerapkan fungsi menejemen dalam pengelolaanya agar dalam pelaksanaanya senantiasa merujuk pada upaya pencapaian tujuan organisasi. Dalam pemungutan Retribusi di pasar Niaga Timur untuk jumlah pasar sudah tetap, namun terkecuali ada penambahan pasar baru yang dinyatakan sebagai objek penerimaan, untuk cara pengoptimalisasi dengan cara memberi himbauan kepada pedagang untuk melakukan pembayaran retribusi.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI