DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DAMPAK PENGUMUMAN STSTUS AWAS ERUPSI GUNUNG AGUNG BALI TERHADAP REAKSI SAHAM DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017 (PERUSHAAN YANG TERGOLONG INDEKS LQ45)
PENGARANG:AHMAD ZAKY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-04-01


ABSTRAK

 

Zaky, Ahmad. 2020. DampakPengumuman Status Awas Erupsi Gunung Agung Bali Terhadap Pergerakan Harga Saham Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017 (Perusahaan Yang Tergolong Indeks LQ45).

Pembimbing : Dra. Nor Hikmah, SE, MSA, AK, CA

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) apakah terdapat adanya perbedaan frekuensi perdagangan sebelum dan sesudah pengumuman status awas erupsi gunung agung bali; (2) apakah terdapat adanya perbedaan kapitalisasi pasar sebelum dan sesudah pengumuman status awas erupsi gunung agung bali; (3) apakah terdapat adanya perbedaan abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman status awas erupsi gunung agung bali.

Penelitian ini menggunakan teori event study dan juga menggunkanan market-adjusted model untuk menghitung expected return. Periode jendela penelitian ini adalah 21 hari. Sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan krirteria yang telah ditetapkan diperoleh 31 sampel perusahaan yang terdaftar di indeks LQ45.

Hasil penelitian ini menggunakan paired sampel t test menunjukkan terdapat adanya perbedaan frekuensi perdagangan yang signifikan sebelum dan sesudah peristiwa pengumuman awas erupsi gunung agung bali pada bursa efek indonesia tahun 2017. Hasil penelitian ini menggunakan paired sampel t test menunjukkan tidak terdapat adanya perbedaan abnormal return yang signifikan sebelum dan sesudah peristiwa pengumuman awas erupsi gunung agung bali pada bursa efek indonesia tahun 2017. Hasil penelitian ini smenggunakan wilcoxon signed rank test menunjukkan terdapat adanya perbedaan Kapitaliasi pasar yang signifikan sebelum dan sesudah peristiwa pengumuman awas erupsi gunung agung bali pada bursa efek indonesia tahun 2017.

 

Kata Kunci : Event study, Erupsi gunung agung di bali, frekuensi perdagangan, abnormal return, Kapitaliasi pasar, dan Indeks LQ45

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI