DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DAN SIKAP BERWIRAUSAHA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN PEMASARAN SMK NEGERI 3 BANJARMASIN
PENGARANG:THIKA ANISHA
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-14


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui Pembelajaran Kewirausahaan Siswa Kelas X Program Keahlian Pemasaran SMK Negeri 3 Banjarmasin. (2) mengetahui Sikap Berwirausaha Siswa Kelas X Program Keahlian Pemasaran SMK Negeri 3 Banjarmasin. (3) mengetahui kontribusi pembelajaran kewirausahaan terhadap Sikap Berwirausaha Siswa Kelas X Program Keahlian Pemasaran SMK Negeri 3 Banjarmasin.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode campuran (mixed method). Populasi pada penelitian ini adalah se seluruh siswa di SMKN 3 Banjarmasin Kelas X Program Keahlian Pemasaran berjumlah 63 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu total sampling dimana seluruh anggota populasi di jadikan sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, kuesioner dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) Pembelajaran kewirausahaan pada Siswa Kelas X Program Keahlian Pemasaran SMK Negeri 3 Banjarmasin termasuk kedalam kategori tinggi dengan nilai 76,10% yang berarti bahwa pembelajaran kewirausahaan diselenggarakan dengan kondisi pembelajaran yang sesuai dengan minat siswa sehingga mampu memperoleh nilai yang bagus. Metode pembelajaran pada pembelajaran kewirausahaan juga diselenggarakan secara runtut sesuai dengan buku pegangan dan hasil pembelajaran dapat dinyatakan secara efektif dan efisien (2) Sikap berwirausaha Siswa Kelas X Program Keahlian Pemasaran SMK Negeri 3 Banjarmasin memiliki persentase sebesar 74,39% dengan kategori tinggi. Hal ini berarti bahwa siswa dalam berperilaku mampu menujukkan sikap berwirausaha yaitu menanamkan kejujuran, rajin, murah senyum, lemah lembut dan sopan santun dalam menghadapi dan melayani pelanggan. (3) Pembelajaran kewirausahaan memberikan kontribusi sebesar 69,5% terhadap sikap berwirausaha yang berarti bahwa terdapat hubungan yang kuat antara pembelajaran kewirausahaan dengan sikap berwirausaha Siswa Kelas X Program Keahlian Pemasaran SMK Negeri 3 Banjarmasin.
Kata Kunci : Pembelajaran, Kewirausahaan, Sikap berwirausaha

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI