DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Sinergitas Peran Pemerintah dan Masyarakat dalam Pengembangan Destinasi Wisata Tanah Laut (Studi Kasus Pantai Batakan)
PENGARANG:ARUM MALINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-04-05


Arum Malini, D1B115204, 2020, Sinergitas Peran Pemerintah dan Masyarakat dalam Pengembangan Destinasi Wisata Tanah Laut (Studi Kasus Pantai Batakan). Dibawah bimbingan Apriansyah sebagai pembimbing 1 dan Suriansyah Umar sebagai pembimbing 2.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran serta keterlibatan pemerintah, masyarakat dan swasta dalam mengembangkan destinasi wisata pantai batakan serta mengetahui sinergitas pemerintah, masyarakat, dan swasta.

Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu tipe deskriptif kualitatif  dengan variabel penelitian peran pemerintah, peran masyarakat, serta peran pihak swasta dengan melalui proses komunikasi, koordinasi, dan kerjasama yang menghasilkan output yaitu mengetahui sinergitas antara seluruh pemangku kepentingan melalui komunikasi, koordinasi, kerjasama yang digunakan untuk melihat seberapa baik perkembangan destinasi wisata pantai Batakan.

Hasil penelitian yang didapatkan yaitu secara keseluruhan pemerintah maupun masyarakat telah menjalankan perannya dengan baik. Peran pemerintah sebagai motivator, fasilitator dan dinamisator serta masyarakat sebagai pihak pelaksana dan pihak yang difasilitasi oleh pemerintah dalam mengelola Pantai Batakan. Akan tetapi keterlibatan swasta hanya sebatas penyedia akomodasi penginapan yang berarti pihak swasta tidak ikut terlibat secara langsung dalam mengembangkan wisata Pantai Batakan. Sehingga sinergitas antar setiap pemangku kepentingan belum tercapai dengan baik.

Saran yang akan diberikan Peneliti yaitu seluruh pihak harus sadar akan pariwisata agar dapat meningkatkan taraf hidup yang lebih baik.Pemerintah harus meningkatkan daya tarik wisata dengan memiliki kalender event tahunan di Pantai Batakan. Membuat akses yang lebih mudah bagi wisatawan untuk menuju ke Panti Batakan.Penyediaan dan perlengkapan fasilitas di Pantai Batakan harus ditingkatkan lagi oleh pemerintah. Menyediakan cendramata khusus yang dapat menjadi ciri khas Pantai Batakan.

 

 

Kata Kunci: Sinergitas, Peran, Pemangku Kepentingan, Pariwisata.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI