DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SIKAP PEDULI LINGKUNGAN UNTUK MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 3 BANJARMASIN
PENGARANG:SUPIANI
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-14


Kata Kunci: peduli lingkungan, jiwa kewirausahaan
Siswa kurang memiliki kesadaran peduli terhadap lingkungan dan kurangnya peran guru untuk menyadarkan peserta didik peduli lingkungan merupakan masalah yang terjadi di SMK Negeri 3 Banjarmasin
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh sikap peduli lingkungan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa (2) untuk mengidentifikasi sikap siswa dalam peduli terhadap lingkungan (3) untuk mengidentifikasi cara agar dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X A Administrasi Perkantoran, X B Administrasi Perkantoran, XI A Administrasi Perkantoran, XI B Admnistrasi Perkantoran, XII A Administrasi Perkantoran, dan XII B Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 3 Banjarmasin yang berjumlah 142 orang dengan teknik rumus slovin. Teknik pengumpulan data berupa metode kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi product moment untuk mengetahui pengaruh sikap peduli lingkungan terhadap jiwa kewirausahaan siswa.
Hasil perhitungan diperoleh persentase untuk variabel peduli lingkungan sebesar 70,60% dengan kategori tinggi, variabel jiwa kewirausahaan sebesar 66,99% dengan kategori tinggi. Sedangkan hasil penelitian menunjukkan peduli lingkungan (X) berpengaruh secara signifikan terhadap jiwa kewirausahaan (Y) sebesar 0,541 atau 54,1% dengan kategori cukup dan diketahui bahwa nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara peduli lingkungan terhadap jiwa kewirausahaan siswa jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 3 Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI