DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Pembangunan Desa (Studi Desa Parupukan Kecamatan Babirik)
PENGARANG:KARMILAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-04-06


  • ABSTRAK
  • Karmilawati, 1610413620014 “Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Pembangunan Desa (Studi Desa Parupukan Kecamatan Babirik)”. Di bawah bimbingan Siti Hamidah.
  • Penelitian ini bertujuan mengetahui partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan Desa Parupukan Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara Tahun 2020 dengan melihat partisipasi masyarakat desa dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
  • Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif serta menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, dan dokumentasi, informan kunci adalah masyarakat Desa Parupukan. Data yang dikumpulkan seterusnya dianalisis menggunakan teknik analisis data yang bersifat kualitatif, sesuai dengan prosedur, pengumpulan informasi, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
  • Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan Desa Parupukan Kecamatan Babirik belum maksimal hal ini dipengaruhi beberapa faktor. Faktor yang sangat mempengaruhi yaitu pendidikan Desa Parupukan yang masih minim yang menyebabkan kurangnya sumbangsih pemikiran atau ide dari masyarakat, dan kurangnya sosialisasi/informasi tentang partisipasi pelaksanaan pembangunan desa dari pemerintah kepada masyarakat Desa Parupukan yang menyebabkan ketidaktahuan masyarakat terhadap pelaksanaan pembangunan. Namun faktor lain yaitu gotong royong masyarakat Desa Parupukan dalam bentuk fisik atau tenaga sudah memadai dengan hadirnya masyarakat untuk membantu pembuatan jalan di desa dengan bergotong-royong saling bahu membahu membantu pelaksanaan pembangunan jalan yang dilakukan di desa Parupukan tanpa mengharap imbalan atau upah.
  • Pemerintah Desa Parupukan hendaknya melakukan upaya dalam mendorong atau memotivasi masyarakat agar masyarakat dapat terlibat dan ikut berpartisipasi dalam menyampaikan.aspirasinya, meningkatkan sosialisasi dengan penyampaian yang mudah komunikasi yang mudah di pahami tentang partisipasi pembangunan kepada masyarakat. Dan memberikan apresiasi kepada masyarakat.yang.memiliki semangat gotong-royong.tinggi.
  • Kata Kunci: Partisipasi Masyarakat, Pelaksanaan, Pembangunan Desa
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI