DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS EFISIENSI INTERNAL PROGRAM STUDI DI LINGKUNGAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT (2012-2016)
PENGARANG:RIMA NOVE YANTI
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-14


Kata Kunci: Efisiensi internal, data sekunder, program studi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efisiensi internal di seluruh program studi pada lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat (2012 – 2016) dikaji dari input serta output mahasiswa yaitu membandingkan antara mahasiswa yang lulus dengan mahasiswa yang mendaftar dengan memperhatikan waktu yang seharusnya ditentukan untuk lulus.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif, yaitu memberikan deskripsi mengenai enrolment mahasiswa serta IPK mahasiswa yang berada di lingkungan FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Analisis kohort digunakan untuk memetakan enrolment mahasiswa dan uji statistika koefisien cramer untuk mengetahui hubungan antara program studi dengan asal daerah, jenis kelamin, penghasilan orangtua serta program studi yang menaungi mahasiswa tersebut. Sampel penelitian yang digunakan yaitu purposive sample berdasarkan waktu yakni waktu untuk data sekunder yang diteliti dibatasi dari tahun 2012 hingga 2016.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata angka retensi untuk seluruh program studi masih sangat bagus, yaitu berada di atas 90%. Selanjutnya untuk program studi dengan tingkat efisiensi internal paling baik ditunjukkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi dengan persentase 71% atau dengan kategori “Efisien” sedangkan untuk program studi berkategori “Tidak Efisien Sekali” diperlihatkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dengan persentase 16,4% dan Pendidikan Sosiologi dengan persentase 15,94%. Selain itu, masih terdapat 5 program studi yang berkategori “Cukup Efisien” serta 4 program studi termasuk kategori “Tidak Efisien”. Temuan dalam studi ini juga menyatakan bahwa tidak terdapat hubungan atau korelasi antara IPK dengan asal daerah, jenis kelamin serta penghasilan orangtua mahasiswa, sedangkan untuk korelasi IPK dengan program studi yang menaunginya terdapat korelasi dengan tingkat signifikan sebesar 0,035.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI