DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR DAN KONSEP DIRI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 6 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2016/2017
PENGARANG:ARI SETIA WAHYUDI
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-14


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) gambaran kemandirian belajar siswa, (2) gambaran motivasi belajar siswa, (3) gambaran konsep diri siswa, (4) pengaruh motivasi belajar terhadap kemandirian belajar secara parsial, (5) pengaruh konsep diri terhadap kemandirian belajar secara parsial, dan (6) pengaruh motivasi belajar dan konsep diri terhadap kemandirian belajar secara simultan pada mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X IPS di SMA Negeri 6 Banjarmasin Tahun Ajaran 2016/2017.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif assosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang akan diambil adalah seluruh siswa jurusan IPS di SMA Negeri 6 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 318 orang. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS di SMA Negeri 6 Banjarmasin Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 124 orang dengan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data berupa metode kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil perhitungan diperoleh persentase untuk variabel kemandirian belajar sebesar 72,45% dengan kategori tinggi, variabel motivasi belajar sebesar 66,99% dengan kategori tinggi, dan variabel konsep diri sebesar 81,77% dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar (X1) berpengaruh secara parsial terhadap kemandirian belajar (Y) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan konsep diri (X2) berpengaruh secara parsial terhadap kemandirian belajar (Y) dengan nilai signifikan 0,003 < 0,05. Sedangkan secara simultan motivasi belajar (X1) dan konsep diri (X2) berpengaruh terhadap kemandirian belajar (Y) sebesar 0,403 atau 40,3% dan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dengan kategori cukup, yang artinya semakin baik motivasi belajar dan konsep diri siswa maka semakin tinggi kemandirian belajar siswa. Implikasi dalam penelitian ini, memberikan petunjuk kepada pihak sekolah bahwa meningkatkan motivasi belajar dan pembentukan konsep diri yang baik kepada siswa dengan cara melengkapi fasilitas sekolah, memberi penghargaan dan pemberian training motivation dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa.
Kata Kunci: motivasi belajar, konsep diri, kemandirian belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI