DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANAN PERSEPSI TATA RUANG KANTOR DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI PADA KARYAWAN DINAS KESEHATAN KOTA BANJARBARU
PENGARANG:AZMI RAHMADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-04-08


 

Sumber daya manusia adalah salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, baik institusi maupun perusahaan. Organisasi akan berjalan dengan baik, apabila karyawannya memiliki komitmen organisasi tinggi. Tantangan yang dihadapi oleh perusahaan ialah menjaga agar karyawannya tetap berkomitmen, sehingga mampu mencapai keberhasilan perusahaan. Salah satu faktor yang memengaruhi komitmen organisasi adalah persepsi karyawan terhadap lingkungan kerja seperti tata ruang dan fasilitas kerja. Lingkungan kerja yang nyaman dapat meningkatkan kinerja karyawan yang selanjutnya dapat meningkatkan komitmen karyawan terdapat perusahaan. Berdasarkan hal tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan persepsi tata ruang kantor dan fasilitas kerja terhadap komitmen organisasi pada karyawan Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan subjek penelitian dipilih dengan menggunakan teknik total sampling sejumlah 80 orang yang terdiri dari 32 laki-laki dan 48 perempuan. Skala yang digunakan terdiri dari skala persepsi tata ruang, fasilitas kerja, dan komitmen organisasi. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa persepsi tata ruang kantor dan fasilitas kerja secara bersama-sama berperan terhadap komitmen organisasi (F (2) = 6,802 p < 0,05). Arah hubungan positif yang artinya semakin tinggi persepsi tata ruang dan fasilitas kerja maka semakin tinggi komitmen organisasi. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,387, sedangkan (r2) sebesar 0,15 yang artinya sumbangan efektif persepsi tata ruang kantor serta fasilitas kerja terhadap komitmen organisasi sebesar 15%.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI