DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN BONUS PACK TERHADAP IMPULSE BUYING PADA KONSUMEN MINIMARKET ALFAMART DI KECAMATAN BANJARMASIN TIMUR
PENGARANG:ELLY ISLAMIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-04-08


 

ABSTRAK

 

Elly Islamiyah, 1610412620008, 2021, Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack terhadap Impulse Buying pada Konsumen Minimarket Alfamart di kecamatan Banjarmasin Timur. Dibawah bimbingan Hj. Siti Rusidah dan H. Hairudinor.

 

Dengan kondisi sekarang bisnis ritel persaingan di dalam bisnis minimarket semakin ketat ditandai dengan banyaknya pembukaan minimarket-minimarket baru yang menawarkan produk, layanan, lokasi, hingga harga yang serupa. Dua terbesar yang menjadi saingan berat di pasar diantaranya adalah Alfamart dan Indomaret, total aset keduanya mengalami peningkatan dalam kurun waktu 2013-2017. Akan tetapi, Alfamart kalah cepat berkembang dengan Indomaret untuk nilai total aset. Meskipun, pada setiap tahunnya Alfamart terus menambah outlet-outlet di berbagai daerah dibandingkan Indomaret

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Price Discount (X1) dan Bonus Pack (X2) terhadap Impulse Buying (Y) pada Konsumen Minimarket Alfamart di Kecamatan Banjarmasin Timur.

 

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe penelitian bersifat eksplanatory, populasi dalam penelitian ini ialah konsumen minimarket Alfamart di Kecamatan Banjarmasin Timur, dengan responden 120 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan cara accidental sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda.

 

Hasil penelitian membuktikan bahwa Price Discount secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying diketahui tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai sumbangan efektif 42,5%. Bonus Pack secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying diketahui tingkat signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 dengan nilai sumbangan efektif sebesar 13,1%. Terdapat pengaruh positif dan signifikan Price Discount dan Bonus Pack secara simultan terhadap Impulse Buying dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan besaran pengaruh sebesar 55,6% dengan tingkatan sedang.

 

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan Ho ditolak, H2 diterima dan Ho ditolak, serta H3 diterima dan Ho ditolak.

Kata Kunci: Price Discount, Bonus Pack, dan Impulse Buying

 

 

ABSTRACT 

 

Elly Islamiyah, 1610412620008, 2021, The Influence of Price Discounts and  Bonus Packs on Impulse Buying on Alfamart Minimarket Consumers in East Banjarmasin District. Under the guidance of Hj. Siti Rusidah and H. Hairudinor.

 

With the current condition of the retail business, competition in the business is  minimarket getting tighter, marked by the opening of many minimarkets new offering similar products, services, locations and prices. The two biggest competitors in the market are Alfamart and Indomaret, both of which have increased their total assets in the 2013-2017 period. However, Alfamart is less rapidly growing than Indomaret in terms of total assets. Although, every year Alfamart continues to add outlets in various regions compared to Indomaret.

 

This study aims to examine the effect of Price Discount (X1) and  Bonus Pack (X2) on Impulse Buying (Y) on Alfamart Minimarket Consumers in East Banjarmasin District. 

 

This study uses quantitative methods with research type explanatory, the population in this study is the consumers of Alfamart minimarkets in East Banjarmasin District, with 120 respondents. The sampling technique used is nonprobability sampling by means of accidental sampling. The data analysis technique in this study used multiple linear regression analysis. 

 

The research results prove that the Price Discount partially has a positive and significant effect on Impulse Buying, it is known that the significance level is 0.000 <0.05 with an effective contribution value of 42.5%. Bonus Pack partially has a positive and significant effect on Impulse Buying, it is 

 

known that the significance level is 0.002 <0.05 with an effective contribution value of 13.1%. There is a positive and significant effect of Price Discount and  Bonus Pack simultaneously on Impulse Buying with a significance value of 0.000 <0.05. With the amount of influence of 55.6% with a moderate level. 

 

From this research it can be concluded that H1 is accepted and Ho is rejected, H2 is accepted and Ho is rejected, and H3 is accepted and Ho is rejected.

Keywords: Price Discount, Bonus Pack, and Impulse Buying

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI