DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pembelajaran Menulis Puisi pada Peserta Didik Kelas VIIIB SMP Negeri 9 Banjarmasin
PENGARANG:M.RIDHA RISWANDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-04-09


ABSTRAK   

 

Riswandi, M Ridha. 2019. Pembelajaran Menulis Puisi pada Peserta Didik Kelas VIIIB SMP Negeri 9 Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing (I) Dr. Maria L.A.S., M.Pd; Pembimbing (II) Ahsani Taqwiem, M.Pd

Kata Kunci: Pembelajaran, menulis, puisi

Pembelajaran menulis puisi kelas VIIIB SMP Negeri 9 Banjarmasin masih dihadapkan beberapa kendala dan hambatan yang timbul dari guru maupun siswa, diantaranya dalam proses pembelajaran puisi masih kurang. Guru hanya menggunakan teknik dan metode tanya jawab, diskusi, dan ceramah, selain itu guru juga jarang menggunakan media dalam pembelajaran menulis puisi dan hanya memberi contoh yang ada dibuku ajar. Kendala dari siswa itu sendiri adalah mereka merasa menulis puisi suatu hal yang sulit. Suasana yang kurang mendukung didalam kelas juga membuat mereka kesulitan dalam menulis puisi. Jadi, hal tersebut sangat berpengaruh terhadap motivasi siswa dalam menulis puisi.

             Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri 9 Banjarmasin. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian kualitatif yaitu penelitian yang cenderung menggunakan analisis yang bersifat deskriptif.

Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 9 Banjarmasin dengan populasi 25 peserta didik yang diambil dari kelas VIIIB. Dalam penelitian ini dilakukan observasi, wawancara, uji keterampilan, dan dokumentasi. Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan pada semester I (satu) pada tanggal 23 sampai 24 Oktober tahun pelajaran 2018/2019.

Berdasarkandarihasilanalisisdatayangtelahdilakukanmengenai pembelajaran  menulis puisi peserta didik kelas VIIIBSMPNegeri9Banjarmasin,diketahuijumlahpeserta didikyang mengikutitessebanyak25orangdenganjumlah keseluruhannilai pembelajaran menulis puisi adalah 1.685. Pesertadidik yangmemperolehskor80berjumlah12orang, denganrata-ratamenyebutkan enam unsur pembangun puisi, pesertadidikyang memperolehskorbaikyaitu75 berjumlah1orangdenganrata-rata menyebutkan 5 unsur pembangun, peserta didik yang mempoleh skor buruk dibawah 70 berjumlah 12 orang, ksehingga dapat disimpulkan sebanyak 13 peserta didik dikategorikan mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), dan sebanyak 12 peserta didik dikategorikan tidak mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)

Saran peneliti agar mengikuti cara yang ada dalam penelitian Bunda (2017) dengan menggunakan media audio visual.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI