DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perencaan Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjarbaru dalam Mewujudkan Banjarbaru Smart City
PENGARANG:M Furqan Asyrafi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-04-12


 

ABSTRAK

 

 

 

M. Furqan Asyrafi D1C114244, 2021Perencanaan Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjarbaru dalam Mewujudkan Banjarbaru Smart City”, dibawah bimbingan Sarwani dan Siswanto Rawali.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan komunikasi pemerintah yang disusun oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjarbaru dalam mewujudkan Kota Banjarbaru menjadi Smart City. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data primer diperoleh dari Kepala  Diskominfo Kota Banjarbaru selaku informan kunci serta akademisi ULM Banjarbaru dan Ketua Kelompok Informasi Masyarakat selaku informan pendukung.  Data sekunder diperoleh dari Rencana Induk (Masterplan) Kota Cerdas Banjarbaru, dan dokumen surat keputusan di kantor Diskominfo Kota Banjarbaru. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan komunikasi, Diskominfo Kota Banjarbaru menetapkan Akademisi, Pengusaha, Masyarakat,  Pemerintah dan Media sebagai khalayak/sasaran informasi smart city. Pesan yang disampaikan adalah program dan kegiatan Smart City Kota Banjarbaru yang mencakup enam dimensi smart city yaitu smart governance (tata kelola pemerintahan yang cerdas), smart branding (pencitraan yang cerdas), smart economy (ekonomi yang cerdas), smart living (cara hidup yang cerdas), smart society (masyarakat yang cerdas), dan smart environment (pengelolaan lingkungan yang cerdas).  Teknik komunikasi yang digunakan adalah melakukan literasi kepada masyarakat melalui penggunaan media massa,  pembentukan Forum Banjarbaru Cerdas Kelola Informasi dan pelaksanaan bimbingan teknis kepada semua stakeholder. Media yang dipilih adalah berbagai jenis media massa baik media visual maupun media audiovisual dan juga media social.

 

Kata kunci: Perencanaan komunikasi;  smart city

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI