DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Return Saham (Studi Perusahaan Yang Terdaftar Di Indeks Saham Syariah Indonesia Periode 2016-2019)
PENGARANG:RENALDI HIDAYANTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-04-12


Renaldi Hidayanto (2021). Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) terhadap return saham yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2016-2019. Pembimbing: Sufi Jikrillah

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Good Corporate Governance (GCG) terhadap return saham yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2016-2019. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui apakah Good Corporate Governance (GCG) dengan indikator dewan direksi, dewan komisaris independen, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan komite audit berpengarih terhadap return saham.

Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) yang berjumlah 306 saham perusahaan, sedangkan untuk sampel dalam penelitian ini diperoleh sebanyak 25 saham perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2016-2019.

Metode dalam menentukan sampel pada penelitian ini menggunakan porpusive sampling. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier beganda. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel dewan direksi berpengaruh positif signifikan terhadap return saham, sedangkan variabel kepemilikan institusional berpengaruh negative signifikan terhadap return saham. Namun disisi lain, variabel dewan komisaris independen, kepemilikan manajerial, dan komite audit tidak berpengaruh terhadap return saham.

Kata Kunci : Return Saham, Dewan Direksi, Dewan Komisaris Independen, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, dan Komite Audit.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI