DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Perkuliahan Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa FKIP ULM
PENGARANG:NUR ANNISA RIZKIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-04-13


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perkuliahan daring selama masa pandemi covid-19 terhadap hasil belajar mahasiswa FKIP ULM. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari 370 mahasiswa dari 21 program studi di FKIP ULM, teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner online untuk uji validitas dan reliabilitas, analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara perkuliahan daring selama masa pandemi covid-19 terhadap hasil belajar mahasiswa FKIP ULM. Hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi sederhana adalah Y = 3,515 + 0,000 X. Berdasarkan uji hipotesis diketahui nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,717 lebih besar dari > probabilitas 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Perkuliahan Daring (X) selama masa pandemi covid-19 terhadap Hasil Belajar (Y) mahasiswa FKIP ULM. Berdasarkan uji hipotesis dapat diketahui nilai R Square sebesar 0,000. Nilai tersebut memiliki arti bahwa besarnya nilai pengaruh variabel X “Perkuliahan Daring” selama masa pandemi covid-19 terhadap variabel Y “Hasil Belajar” mahasiswa FKIP ULM adalah sebesar 0%, sedangkan 100% dari variabel Y “Hasil Belajar” dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata kunci: perkuliahan daring, hasil belajar, covid-19.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI