DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN IPS DI DALAM MENANAMKAN NASIONALISME DAN PATRIOTISME KEPADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 KARANG INTAN
PENGARANG:Akhmad Baidawi
PENERBIT:FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
TANGGAL:2018-02-14


Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Karang Intan mengembangkan
pendidikan karakter melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) berbasis
karakter untuk memenuhi harapan agar peserta didik yang belum memahami
nasionalisme dan patriotisme sehingga dengan pembelajaran IPS diharapkan
peserta didik sebagai penerus bangsa Indonesia memiliki rasa nasionalisme dan
patriotism yang tinggi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran IPS
bermuatan nasionalisme dan patriotisme di SMP Negeri 3 Karang Intan serta
menganalisis pemahaman peserta didik terhadap nasionalisme dan patriotisme
dalam pembelajaran IPS SMP Negeri 3 Karang Intan merupakan masalah yang
akan dijawab dalam penelitian ini.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi
partisipasi, dan studi dokumentasi. Analisi hasil penelitian dengan menggunakan
analisis dengan langkah-langkah yaitu klasifikasi, interpretasi, penyajian dan
verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: (1) perangkat pembelajaran yang
digunakan oleh guru IPS meliputi RPP dan silabus mulai mengandung nilai-nilai
nasionalisme dan patriotisme tetapi masih belum optimal membudaya di sekolah
tersebut. (2) transformasi pendidikan nasionalisme kepada peserta didik melalui
kegiatan pembelajaran di dalam kelas dimulai dari kegiatan awal melalui
orientasi, apersepsi dan motivasi; kegiatan inti melalui metode yang digunakan,
dan kegiatan penutup melalui evaluasi. (3) Pemahaman peserta didik terhadap
pendidikan patriotisme melalui kegiatan pembelajaran di dalam kelas dimulai
dari kegiatan awal melalui orientasi, apersepsi dan motivasi; kegiatan inti melalui
metode yang digunakan, dan kegiatan penutup melalui evaluasi.
Simpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran IPS bermuatan
nasionalisme dan patriotisme ditransformasikan kepada peserta didik SMP Negeri
3 Karang Intan melalui kegiatan pembelajaran di dalam kelas dimulai dari
kegiatan awal melalui orientasi, apersepsi dan motivasi; kegiatan inti melalui
metode yang digunakan, dan kegiatan penutup melalui evaluasi.


Kata Kunci: Pembelajaran IPS, Nasionalisme, Patriotisme.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI