DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Upaya Meningkatkan Forgiveness Melalui Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Cognitive Restructuring Pada Siswa di SMA Negeri 7 Banjarmasin
PENGARANG:ZAINAL ILMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-04-13


ABSTRAK

 

Zainal Ilmi. 2020. Upaya Meningkatkan Forgiveness Melalui Bimbingan Kelompok Dengan menggunakan Teknik Cognitive Restructuring Pada Siswa di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Pembimbing (I) Dr. Ririanti Rachmayanie J, S.Psi.,M.Pd. (II) M. Adri Setiawan, M.Pd.

 

Kata Kunci: Forgiveness, Bimbingan Kelompok, Teknik Cognitive Restructuring

Forgiveness dalam diri seseoramg membantunya menghindari berbagai konflik, namun pada kenyataannya tidak semua orang memiliki forgiveness dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan forgiveness melalui bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik cognitive restructuring pada siswa di SMA Negeri 7 Banjarmasin.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yang menggunakan mixed methods, dengan penelitian tindakan bimbingan dan konselig (PTBK) yang dilaksanakan dalam II siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI yang terdiri dari 4 orang sampel. 

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada setiap kali pertemuan untuk aktivitas peneliti mencapai kategori baik, untuk aktivitas siswa mencapai kategori aktif serta hasil tindakan dari pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik cognitive restructuring mencapai kategori berhasil. Dari tindakan yang diberikan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan forgiveness dalam layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik cognitive restructuring.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI