DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Melatihkan Kreativitas Peserta Didik
PENGARANG:MELISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-04-15


Abstrak:  Modul elektronik berbasis STEM  merupakan suatu penyajian bahan belajar yang sistematis untuk mendukung kemandiran peserta didik yang dikemas dengan pendekatan dalam empat bidang pengetahuan yaitu sains, teknologi, teknik, dan matematika. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan kelayakan modul elektronik berbasis STEM ini untuk melatihkan kreativitas peserta didik. Tujuan khusus penelitian ini untuk mendiskripsikan: (1) Validasi modul elektronik fisika berbasis STEM; (2) Kepraktisan modul elektronik fisika berbasis STEM; dan (3) Efektivitas modul elektronik fisika berbasis STEM. Manfaat penelitian ini dapat menghasilkan modul elektronik fisika berbasis STEM yang dikembangkan untuk melatihkan kreativitas peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan ADDIE dengan subjek uji coba adalah peserta didik kelas X Mipa-1 SMA Negeri 7 Banjarmasin yang berjumlah 27 orang. Pegumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, kuisioner, dan tes. Penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Diperoleh hasil penelitian bahwa: (1)  Validitas modul elektronik fisika berbasis STEM berkategori sangat baik; (2) Kepraktisan berdasarkan keterlaksanaan RPP berkategori cukup praktis; dan (3) Efektivitas modul elektronik fisika berbasis STEM berkategori rendah. Modul elektronik fisika berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk melatihkan kreativitas peserta didik ini masih kurang layak digunakan dalam proses pembelajaran.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI