DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA RAIBOW LAMP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA DASAR PADA ANAK AUTIS DI SDN SEMANGAT DALAM 2
PENGARANG:M ARIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-04-15


ABSTRAK
Marida. 2020.Efektivitas Penggunaan Media Raibow Lamp Untuk
Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Dasar pada Anak Autis
diSDN Semangat Dalam 2. Pembimbing (I) Utomo (II) Septi Arianti
Warna adalah edukasi yang sangat menarik perhatian anak autis karena
merupakan edukasi secara visual, namun MH dan SI merupakan anak autis
yang belum mampu mengenal warna dengan baik. Seacara kseluruhan kendaala
yang dihadapi oleh siswa MH dan SI adalah kurang isa membedaakan jenis
warna jadi, pada kemampuan awal anak hanya mampu mengenal 1 sampai 2
jenis warna makada dari itu Jika hanya mengajari anak autis dengan metode
belajar saja tidak cukup, maka perlu media pendukung yang mampu
meningkatkan pengenalan anak autis terhadap warna. Salah satunya media
Lampu Pelangi (Raibow Lamp). Maka dari itu tujuan peneliti menciptakan
media ini dan meneliti untuk mengetahui efektif atau tidaknya media Raibow
Lamp pada anak autis yang berat dan autis yang ringan kelas 1C SDN Semangat
Dalam 2. Manfaat penelitian ini adalah untuk memudahkan anak autis dalam
mengenal jenis warna dasar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan
pendekatan eksperimen quasi dengan teknik pretest dan posttest. untuk
mengukur seberapa besar kefektivitasan media Raibow Lamp dalam membantu
anak autis untuk mengenal warna. Subjek dalam penelitian ini menggunakan
anak autis dengan klasifikasi berat yaitu MH, dan autis klasifikasi ringan yaitu
SI di kelas 1C SDN Semangat Dalam 2. Pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah instrumen observasi. Berdasarkan hasil penelitian, siswa MH dengan
hambatan autis klasifikasi berat medapatkan skor pretest yaitu 14, dan skor
postest yaitu 28. Siswa SI dengan hambatan autis ringan mendapatkan skor
pretest sebanyak 26, dan skor posttest sebanyak 32.
Hasil bahwa media Raibow Lamp memiliki efektivitas yang tinggi
terhadap pengenalan jenis warna dasar untuk anak auti dilihat dari selisih antara
jumlah pretest dan postest yang dimiliki masing-masing subjek yaitu anak autis
ringan dan berat. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan media Raibow
Lamp mampu membantu pengenalan jenis warna agar lebih memudahkan anak
autis dalam mengenal warna dan menyebutkan nama warna. Saran untuk
penerapan media pembelajaran warna Raibow Lamp ini adalah digunakan
secara rutin oleh pendidik maupun orang tua agar membantu keberhasilan
pembelajaran anak autis terutama dalam mengenal dan menyebutkan jenis
warna. Diharapkan untuk para pendidik untuk menggunakan meida Raibow
Lamp ini dalam mengajar mengenal dan menyubutkan warna untuk anak autis.
Kata kunci : Media Raibow Lamp, Anak Autis, Pengenalan Warna Dasar
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI