DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), NON PERFORMING LOAN (NPL), DAN LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) TERHADAP RETURN ON ASSETS (ROA) PADA BANK BUMN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (PERIODE 2015-2019)
PENGARANG:ADINDA LARASATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-04-16


Adinda Larasati, 1610412320001, (2020), Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap Return On Assets (ROA)  pada Bank BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Periode 2015-2019). Di bawah bimbingan Siti Rusidah dan  Hairudinor.

 

Penting bagi bank menjaga profitabilitasnya tetap stabil bahkan meningkat. Dengan profitabilitas yang tinggi, suatu bank dapat menunjukkan bahwa sebagian besar kinerja bank tersebut dapat dikatakan baik. Kinerja bank yang baik dapat terlihat dalam kemampuan manajemen yang mengelolanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), dan Non Performing Loan (NPL) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap Return On Assets (ROA)  pada Bank BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Periode 2015-2019).

 

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatori. Sampel dalam penelitian ini adalah laporan rasio keuangan Bank BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Periode 2015-2019).  Penelitian ini menggunakan Teknik Purposive Sampling. Metode Analisis Data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets (ROA), dengan nilai signifikan sebesar 0,010 < 0,05 yang berarti bahwa H1 diterima. Non Performing Loan (NPL) berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets (ROA), dengan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05 yang berarti bahwa H2 diterima. Loan to Deposit Ratio (LDR) berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets (ROA), dengan nilai signifikan sebesar  0,027 < 0,05 yang berarti bahwa H3 diterima. Secara simultan Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets (ROA) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Maka kesimpulannya H4 diterima.

 

 

 

Kata Kunci : Capital Adequacy Ratio (CAR),  Non Performing Loan (NPL), Loan to Deposit Ratio (LDR), Return On Assets (ROA).

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI