DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Modul IPA Berbasis Literasi Sains pada Materi Sistem Pencernaan Manusia
PENGARANG:RINA MELYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-04-16


ABSTRAK

Kemampuan literasi sains penting untuk dimiliki oleh setiap orang, orang dengan kemampuan literasi sains yang baik mampu memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan pengetahuan yang dimilikinya. Namun, kemampuan literasi sains peserta didik Indonesia masih rendah, salah satu penyebabnya yaitu karena kurangnya bahan ajar berbasis literasi sains. Oleh Karen itu dilakukan pengembangan bahan ajar berupa modul berbasis literasi sains pada materi sistem pencrenaan manusia. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas, keterbacaan dan kepraktisan modul. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) melalui model four-D (4D) modifikasi dengan subjek penelitian 10 orang peserta didik kelas VIII SMP/MTs. Prosedur penelitian ini meliputi tiga tahap, yaitu define, design dan develop. Berdasarkan hasil dari lima validator, modul mendapatkan persentase validitas isi  modul 90%, validitas tampilan modul 89.58%, validitas aspek literasi sains dalam modul 93.88 %, validitas soal evaluasi dalam modul 93.90% dan validitas keterkaitan soal evaluasi modul dengan indikator literasi sains 91%. Ini artinya modul sangat valid. Keterbacaan modul berdasarkan hasil penelitian uji perorangan dan kelompok kecil berturut-turut memperoleh persentase sebesar 88% dan 92%, sedangkan keterbacaan soal evaluasi modul berdasarkan hasil penelitian uji kelompok kecil dan perorangan berturut-turut adalah sebesar 84% dan 90% yang berarti keterbacaan modul mudah. Kepraktisan modul berdasarkan hasil penelitian pada uji perorangan dan kelompok kecil berturut-turut adalah sebesar 90% dan 87.40% yang artinya modul sangat praktis.

Kata kunci: modul, literasi sains, sistem pencernaan manusia

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI