DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MANGKOK WARNA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENGURANGAN DENGAN TEKNIK MEMINJAM PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS II DI SLB NEGERI KOTABARU
PENGARANG:RAMENA DANIYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-04-17


 

ABSTRAK

 

Ramena Daniyati, 1610127720065,2020. Pengaruh Pengunaan Media Mangkok Warna dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pengurangan Dengan Teknik Meminjam pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas II Di SLB Negeri Kotabaru. Skiripsi. Program Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing (1) Utomo M,Pd; Dosen Pembimbing (II) Septi Aryanti M.Pd

 

 

 

Kata Kunci: Media Mangkok Warna, Kemampuan Berhitung Pengurangan Dengan Teknik Meminjam , Tunagrahita Ringan.

 

 

 

                                    Materi Pelajaran tentang pengurangan dengan teknik meminjam merupakan salah satu materi dasar yang harus dikuasai oleh semua anak termasuk anak tungrahita ringan sebagai prasyarat untuk mempelajari materi-materi pelajaran matematika lainnya. Tetapi pada kenyataan di lapangan terdapat anak tunagrahita ringan di SLB Negeri Kotabaru yang memperoleh nilai kemampuan berhitung pengurangan dengan teknik meminjam sangat rendah, berdasarkan hasil observasi tersebut, peneliti berasumsi bahwa dengan menggunakan edia mangkok warna akan mampu membantu anak tunagrahita ringan dalam berhitung pengurangan dengan teknik meminjam.

 

                                    Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain pra eksperimen pada suatu kelompok. Rancangan penelitian ini menggunakan pola one grop Pre-test Post-test desain dengan teknik analisis dan deskriptif kuantitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes dan observasi. Subjek penelitian ini adalah anak tunagrahita ringan kelas II SLB Negeri Kotabaru yang berjumlah dua anak perempuan.

 

                                    Hasil penelitian dari kedua subjek yaitu pada nilai Pre Test tanpa penggunaan media mangkok warna, nilai 0 diperoleh AN dan nilai diperoleh NN. Perolehan nilai Pre Test yang didapatkan oleh kedua subjek ini masih sangat rendah. Berdasrkan hasil Pre Test dan dengan menggunakan media mangkok warna, AN memperoleh nilai 55 dan NN memperoleh nilai 65 sehingga dapat dilihat nilai Post Test keuda subyek ini lebih tinggi dari pada nilai Pre Test. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media mangkok warna dalam meningkatkan kemampuan pengaruh media mangkok warna dalam meningkatkan kemampuan berhitung pengurangan dengan teknik meminjam pada anak tunagrahita ringan kelas II SLB Negeri Kotabru.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI