DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TUMBANGNYA POHON PADA FASILITAS JALAN RAYA DALAM PERSPEKTIF HUKUM PIDANA
PENGARANG:Hasymi Hariady
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-04-17


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualifikasi tumbangnya pohon di pinggir jalan sebagai fasilitas jalan yang menimbulkan kerugian bagi orang lain dalam persfektif hukum pidana dan mengetahui pihak yang bertanggungjawab secara pidana atas tumbangnya pohon dipinggir jalan raya yang berakibat kematian.

Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif, karena penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder belaka, atau penelitian hukum kepustakaan. Penelitian ini ditujukan pada peraturan-peraturan yang tertulis atau bahan-bahan hukum yang lain.

 

Hasil dari penelitian skripsi ini menunjukkan bahwa: Pertama,  UndangNomor 26 Tahun 2007 tidakmenentukankualifikasikasustumbangnyapohondipinggirjalanselakufasilitasjalanrayasebagaitindakpidana. Untuk memenuhi nilai kepastian hukum dan nilai keadilan yang merupakan tujuan dari hukum, maka Undang-UndangNomor 26 Tahun 2007 harus pula menentukan kualifikasi Kasus tumbangnya Pohon dipinggir jalan sebagai tindak pidana. Oleh karena itu, perlu dilakukan perubahan dan penyempurnaan terhadap Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007, terutama yang menyangkut kasus tumbangnya pohon dipinggir jalan yang dapat dikualifikasikan sebagai tindak pidana. Mengingatkasustersebuttelahmemenuhiunsur-unsurhokumpidana, yaituadanyaperbuatanmelawanhukum, kesalahan (kelalaian), dan dapatdipertanggungjawabkanKedua, Kalau mengacu pada Pasal 11 ayat (1) Huruf a dan Pasal 29 Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 maka yang bertanggung jawab secara pidana atas tumbangnya pohon dipinggir jalan sebagai fasilitas jalan raya yang menimbulkan kerugian atau kematian bagi orang lain adalah pihak Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.Untuk terciptanya kepastian hukum, maka Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 harus menentukan pihak yang bertanggungjawab secara pidana atas kasus tumbangnya pohon dipinggir jalan beserta sanksi pidananya. Mengingat kasus yang bersangkutan dalam perspektif hukum pidana telah memenuhi unsur-unsur tindak pidana.

 

 

Kata Kunci : Tumbangnya Pohon Berakibat Kematian, Fasilitas Jalan Raya, Tindak Pidana

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI