DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGGUNAAN RIMA DALAM KUMPULAN PUISI “AMUK” KARYA SUTARDJI CALZOUM BACHRI
PENGARANG:FEBRIANIE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-04-21


ABSTRAK

 

Febrianie.2020. Penggunaan Rima dalam Kumpulan Puisi “Amuk” Karya Sutardji Calzoum Bachri. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. FKIP. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Maria L.A.S., M.Pd.; (II) Dr. Noor Cahaya, M.Pd.

Kata kunci: penggunaan rima, rima, kumpulan puisi

 

Penggunaan rima dalam sebuah puisi merupakan hal yang perlu diperhatikan. Hal ini karena rima merupakan salah satu unsur pembangun puisi. Adanya penggunaan rima membuat sebuah puisi menjadi lebih indah karena memiliki pola persajakan rima. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan rima dalam kumpulan puisi “Amuk” karya Sutardji Calzoum Bachri.

Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian deskriptif-kualitatif. Data dalam penelitian ini yaitu kata-kata atau tulisan yang mengandung rima. Sumber data penelitian ini yaitu kumpulan puisi “Amuk” karya Sutardji Calzoum Bachri yang berjudul Pil, Tak, Sepisaupi, Tapi,Sejak, dan Denyut. Instrumen dalam penelitian ini yaitu penelitisendiri (human instrument). Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik baca dan catat. Teknik analisis data yaitu dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkanbahwa kumpulan puisi “Amuk” karya Sutardji Calzoum Bachri menggunakan beberapa jenis rima. Rima berdasarkan bunyi yang paling banyak digunakan yaitu rima asonansi dan aliterasi. Berdasarkan letaknya, rima yang paling banyak digunakan yaitu rima datar. Berdasarkan letaknya dalam bait puisi, rima yang paling banyak digunakan yaitu rima bebas dan rima terus.

Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa hal yang dapat disarankan oleh peneliti. Penelitian ini hanya meneliti kumpulan puisi “Amuk” karya Sutardji Calzoum Bachri dengan mengambil enam sampel puisi. Oleh karena itu, agar kedepannya dapat meneliti penggunaan rima pada kumpulan puisi “O” dan “Kapak” sehingga kumpulan puisi “O Amuk Kapak” dapat diteliti secara keseluruhan.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI