DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI KELINCI DI SDN THOBA KECAMATAN SIMPUR, KABUPATEN HSS
PENGARANG:MUHAMMAD REZKI MULIA SAPUTRA
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-15


Kata kunci : Metode Kooperatif Tipe Jigsaw, Motivasi, Tari
Penelitian ini bertempat di SDN Thoba, Kecamatan Simpur, Kabupaten
HSS. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil
belajar perlu mendapkan perhatian dari semua pihak. Faktor utama yang
menyebabkan rendahnya motivasi adalah pembelajaran yang lebih banyak
menggunakan metode konvensional dalam penyajian materi.
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan pengaruh penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan motivasi siswa
dalam pembelajaran seni tari kelinci di SDN Thoba, Kecamatan Simpur,
Kabupaten HSS. (2) Mendiskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw terhadap kegiatan ekstrakurikuler seni tari kelinci di SDN
Thoba, Kecamatan Simpur, Kabupaten HSS.
Penelitian ini mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan
pendekatan kualitatif serta dengan jenis penelitian diskriptif, Teknik pengumpulan
data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan
tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini, menunjukan dengan Pengaruh Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Motivasi Siswa
Dalam Pembelajaran Seni Tari Kelinci di SDN Thoba, Kecamatan Simpur,
Kabupaten HSS, terjadi perubahan yang signifikan terhadap siswa kelas III dan IV
yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di SDN Thoba, kecamatan Simpur,
Kabupaten HSS. Perubahan tersebut menandakan bahwa model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw bisa merubah mereka yang awalnya kurang bersemangat
belajar menjadi semangat dan termotivasi untuk selalu bisa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI