DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP ASPEK-ASPEK ECOPRENEURSHIP PESERTA DIDIK KELAS XI IPS DI SMAN 6 BANJARMASIN
PENGARANG:SYIFA AULIA
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-15


Pembelajaran prakarya dan kewirausahaan diharapkan mampu menciptakan wirausaha muda yang berkompeten, berdaya saing, dan peduli terhadap lingkungan atau biasa dikenal dengan ecopreneurship. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran pembelajaran prakarya dan kewirausahaan peserta didik kelas XI IPS di SMAN 6 Banjarmasin, (2) Gambaran aspek-aspek ecopreneurship peserta didik kelas XI IPS di SMAN 6 Banjarmasin, (3) Pengaruh pembelajaran prakarya dan kewirausahaan terhadap aspek-aspek ecopreneurship peserta didik kelas XI IPS di SMAN 6 Banjarmasin.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan IPS di SMA Negeri 6 Banjarmasin yang berjumlah 317 orang. Jumlah sampel yang diambil adalah 116 orang dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linear sederhana. Sebelum analisis data dilakukan terlebih dahulu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji linearitas.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel pembelajaran prakarya dan kewirausahaan dinyatakan dalam kategori sedang oleh 48 orang siswa (41,38%), aspek-aspek ecopreneurship yang dimiliki oleh peserta didik dinyatakan dalam kategori sedang oleh 40 orang siswa (34,48%). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara pembelajaran prakarya dan kewirausahaan terhadap aspek-aspek ecopreneurship peserta didik sebesar 0,724 atau 72,4% dengan kategori kuat, dan nilai signifikansi 0,00 < 0,01. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan sangat signifikan antara pembelajaran prakarya dan kewirausahaan terhadap aspek-aspek ecopreneurship peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Banjarmasin.
Kata Kunci: Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan, Aspek-Aspek Ecopreneurship

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI