DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBINAAN PECANDU NARKOBA DI LEMBAGA KEMASYARAKATAN SOSIAL (LKS) PANTI REHABILITASI PONDOK INABAH BANJARMASIN
PENGARANG:Nur Amalia
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-04-26


ABSTRAK

Nur Amalia, 2020. Pembinaan Pecandu Narkoba Lembaga Kemasyarakatan Sosial             

Panti Rehabilitasi Pondok Inabah Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Wahyu (II) Harpani Matnuh.

 

Kata Kunci : Pembinaan, Rehabilitasi, Pecandu dan Narkoba

 

Penelitian ini menjelaskan tentang bagaiamana Pembinaan Rehabilitasi Pecandu Narkoba di Lembaga Kemasyarakatan Sosial Panti Rehabilitasi Pondok Inabah Banjarmasin Pokok masalah tersebut terbagi kedalam beberapa  rumusan masalah yaitu: perencanaan pembinaan pecandu narkoba, pelaksanaan pembinaan pecandu narkoba dan evaluasi pembinaan pecandu narkoba.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. teknik pengambilan sampel sumber data ialah purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan pada natural setting (kondisi yang alamiah), sumber data primer, dan teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi berperan serta (participant observation), wawancara mendalam (in depth interview) dan dokumentasi. Analisa hasil penelitian dilakukan secara interaktif dan berlangsung terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Aktifitas dalam analisis data yaitu reduksi data dan penyajian data

Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pelaksanaan rehabilitasi terhadap pecandu di Lembaga Kemasyarakatan Panti Rehabilittasi Pondok Inabah Banjarmasin yang merupakan unsur pelaksana rehabilitasi mempunyai alur tahap program dalam pelaksanaan rehabilitasi terhadap pecandu narkoba yaitu, Screening Intake (tes urine, persetujuan, bodyspot check). Detoksifikasi (Evaluasi Fisik dan Psikiater). Entry unit (stabilisasi putus zat, pengenalan program). Primary (therapeutic community 4 bulan). Re-Entry (program TC lanjutan, terapi vokasional, dan resosialisasi 1-2 bulan), Pasca Rehabilitasi (program lanjutan di luar Lembaga Kemasyarakatan Sosial Panti Rehabilitasi Pondok Inabah Banjarmasin peran nilai-nilai agama Islam dalam pelaksanaan rehabilitasi terhadap pecandu narkoba di Lembaga Kemasyarakatan Sosial Panti Rehabilitasi Pondok Inabah Banjarmasin menerapkan empat kegiatan keagamaan yang paling urgen khusus pecandu narkoba yang beragama Islam yaitu Mandi Taubat, Mempelajari al-Qur’an, Ceramah keagamaan, Sholat, puasa, Zikir serta Evaluasi pembinaan di sini ialah masih belum memadainya sarana prasarana serta tenaga medis dan rohani.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan 1) Seharusnya lebih menekankan upaya pencegahan sehingga pecandu narkoba di Lembaga Kemasyarakatan Sosial Panti Rehabilitasi Pondok Inabah Banjarmasin semakin berkurang dari tahun ke tahun. 2) meningkatkan sosialisasi dampak negatif yang ditimbulkan oleh narkotika kepada seluruh masyarakat terutama kepada generasi muda. 3) Untuk lebih meningkatkan keberhasilan proses rehabilitasi dibutuhkan kerjasama semua pihak mulai dari lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. 4) Bidang keagamaan juga sangat berperan penting dalm proses rehabilitasi pecandu narkotika untuk menggembalikan kecerdasan spiritualnya 5) Perlu ada tambahan tenaga medis dan nonmedis. .

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI