DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA DENGAN PERMAINAN KREATIF PADA ANAK USIA DINI BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TK WINATA KARYA KOTABARU
PENGARANG:AMBAR SRI SULASTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-04-26


ABSTRAK

 

Ambar Sri Sulastri, 160127720001,2020. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Dengan Permainan Kreatif Pada Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus Di TK Winata Karya Kotabaru. Skripsi Program Strata-1 Pendidikan Luar Biasa. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I:Dr.H Utomo,M.Pd dan Pembimbing II: Septi Aryanti,M.Pd

 

Kata Kunci: PermainanKreatif, Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus

 

            Penelitian ini dilakukan atas dasar kemampuan bahasa yang dicapai anak usia dini berkebutuhan khusus di TK Winata Karya di bawah standart, kemampuan menyebut, mengulang, menghubung serta menempel masih belum sesuai dengan kriteria yang diharapkan. Guru dalam hal ini mencarikan alternatif pemecahan masalah, yaitu  pembelajaran permainan kreatif diharapkan dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen Desaign , penelitian time series desaign  yang terdiri dari pemberian tes awal (pretess), pemberian perlakuan, pemberian tes akhir (posstes). Subjek penelitian ada lima anak yaitu anak autis, tunarungu dan lambat bicara. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif.

Berdasarkan hasil jumlah nilai pada tahap pretess adalah 0 dan julmah pada tahap posstes adalah 90,10,90,80,90. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode permainan kreatif dengan menggunakan kantung pintar terhadap perkembangan bahasa pada anak usia dini berkebutuhan khusus di TK Winata Karya Kotabaru

 


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI