DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kinerja PDAM BAndarmasih dalam Kegiatan Penyediaan Air Bersih Di Kecamatan Banjarmasin Utara
PENGARANG:Muhammad Hartohabibi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-04-26


MUHAMMAD HARTOHABIBI, D1A111014. 2019. Kinerja PDAM Bandarmasih dalam kegiatan penyediaan air bersih di Kecamatan Banjarmasin Utara. Di bawah bimbingan Dr.Syakrani, MS, dan Sideratul Akbar, S.Sos, M.Si.

Latar belakang penelitian ini adalah disebabkan karena masih kurangnya kualitas pelayanan penyediaan air bersih yang diberikan oleh PDAM Bandarmasih baik di daerah wilayah kecamatan maupun di kelurahan, masyarakat merasa sangat terbebani oleh tidak terpenuhinya kebutuhan air bersih di masyarakat karena masyarakat harus mengeluarkan biaya tambahan untuk melakukan pembelian air bersih kepada pedagang air keliling yang kualitas dari air tersebut sangat di bawah standar dan tidak higenis serta ketidakpuasan yang masyarakat rasakan ketika Kalimantan menghadapi puncak dari musim kemarau, saat itu debit air yang di distribusikan oleh PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin sangatlah sedikit, sehingga banyak dari pelanggan PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin tidak mendapat jatah pendistribusian air bersih.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan yang diukur berdasarkan dimensi tangibles, assurance, reliability, responsiveness dan emphaty baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan penerima layanan PDAM Bandarmasih.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan tipe eksplanatory. Responden dalam penelitian ini adalah keseluruhan pelanggan PDAM Bandarmasin di wilayah Kecamatan Banjarmasin Utara. Sampel sebanyak 70 responden, metode pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling dengan tipe One Stage Cluster Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan metode regresi linier berganda.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kualitas pelayanan yang diukur berdasarkan dimensi tangibles, assurance, reliability, responsiveness dan emphaty berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan penerima layanan PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin Banjarmasin, dan (2) Kualitas pelayanan yang diukur berdasarkan dimensi tangibles, assurance, reliability, responsiveness dan emphaty berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kepuasan penerima layanan PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin Banjarmasin.

Kata Kunci: Tangibles, Assurance, Reliability, Responsiveness, Emphaty, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Penerima Layanan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI