DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT BANJARMASIN ANGKATAN TAHUN 2013 DAN 2014
PENGARANG:SITI MUDRIKAH
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-15


Era kompetitif, itulah era yang dihadapkan pada mahasiswa saat ini. Menjadi lulusan dari sebuah perguruan tinggi memang suatu kebanggaan, tetapi kebanggaan tersebut akan sirna seketika ketika sudah menjadi seorang pengangguran. Hal tersebut akan terjadi jika mahasiswa tidak dibekali dengan kompetensi kewirausahaan untuk menyiapkan diri menghadapi masa depan. Dengan kompetensi kewirausahaan, mahasiswa dapat mengubah tantangan menjadi sebuah peluang, mencipta lapangan kerja bukan mencari pekerjaan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kompetensi kewirausahaan mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin angkatan tahun 2013 dan 2014.
Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif dengan penerapan penelitian survei. Populasi di dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin angkatan tahun 2013 dan 2014 dan sampel penelitiannya yaitu 100 mahasiswa dari total keseluruhan populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kewirausahaan yang dimiliki oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin angkatan tahun 2013 dan 2014 berada pada kategori sangat baik dengan perolehan persentase secara keseluruhan sebesar 82,39%. Rekapitulasi hasil perolehan persentase rata-rata untuk masing-masing sub variabel kompetensi kewirausahaan mahasiswa menunjukkan angka 82,39% dengan rincian sebagai berikut: (a) pengetahuan kewirausahaan sebesar 77,36% dengan kategori baik, (b) kemampuan kewirausahaan sebesar 82,46% dengan kategori sangat baik, dan (c) kemauan berwirausaha sebesar 87,36% dengan kategori sangat baik. Dari hasil penelitian diketahui pula bahwa ada 59 mahasiswa yang memiliki kompetensi kewirausahaan dengan kategori sangat baik dan 41 mahasiswa memiliki kompetensi kewirausahaan dengan kategori baik.
Kata Kunci: Kompetensi Kewirausahaan, Mahasiswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI