DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN BILANGAN PECAHAN DENGAN METODE DRILL AND PRACTICE PADA KELAS VII SMP/MTs
PENGARANG:Agus Patriot Azmi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-04-27


Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat pada zaman sekarang ini membuat semua bidang pekerjaan dipengaruhi oleh teknologi, tidak terkecuali dunia pendidikan. Kebutuhan dan tuntutan globalisasi mengharuskan dunia pendidikan untuk memanfaatkan perkembangan teknologi dalam usaha meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Perkembangan teknologi memberikan bantuan dalam kegiatan belajar mengajar diantaranya melalui Pembelajaran Berbantuan Komputer atau Computer Assited Instruction (CAI) dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbantuan komputer yaitu, media pembelajaran multimedia interaktif untuk pembelajaran bilangan pecahan dengan metode drill and practice dan mengetahui kelayakan serta respon pengguna dari uji coba media pembelajaran multimedia interaktif  dalam pembelajaran bilangan pecahan dengan metode drill and practice. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan model ADDIE untuk mengembangkan media pengembangan multimedia interaktif  bilangan pecahan dengan menggunakan lima tahapan , analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi. Hasil dari penelitian menunjukkan media pembelajaran multimedia interaktif materi bilangan pecahan dapat dikembangkan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6,Action Script 2 ,Format Factory ,Microsoft Power Poin,Database XML. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif yang diukur dari skala Likert. Hasil validasi materi adalah 65 %, validasi media adalah 77,64 %, artinya kedua validasi masuk dalam kategori valid. Tahap akhir adalah mengetahui respon peserta didik dan guru setelah menggunakan media pembelajaran tersebut, hasil respon peserta didik adalah 85,37 %, dan hasil respon guru adalah 88,39 % yang artinya masuk dalam kategori sangat positif. Bedasarkan hasil dari uji kelayakan ahli dan hasil uji coba produk multimedia interaktif dalam pembelajaran bilangan pecahan dengan metode drill and practice dapat digunakan di dalam pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI