DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INVENTARISASI TUMBUHAN BERKHASIAT OBAT MENURUT MASYARAKAT LOKAL (ETHNOMEDICINE) DI WILAYAH BUKIT BESAR KHDTK PENDIDIKAN DAN PELATIHAN UNIVERSITAS LAMBNG MANGKURAT
PENGARANG:DEVY RYAS AYU NOVRYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-04-28


 

, Inventarisasi Tumbuhan Berkhasiat Obat (Ethnomedicine) Di Bukit Besar Wilayah KHDTK Pendidikan Dan Pelatihan Universitas Lambung Mangkurat. Atas Bimbingan, Dr. Drs. Suyanto, M.PSelaku dosen pembimbing pertama dan Dr. Ir. Mufidah Asyari, M.P. Selaku dosen pembimbing kedua.

 

Penelitian ini bertujuan menganalisis potensi tumbuhan obat yang terdapat pada tipe hutan di wilayah Bukit Besar KHDTK dan mengidentifikasi jenis tumbuhan brkhasiat obat menurut masyarakat lokal di Bukit Besar KHDTK. Metode yang dilakukan yaitu metode eksplorasi sistem jelajah jalur yang mewakili tipe tutupan lahan, metode Purposive sampling dalam penempatan jalur penelitian dan metodeContinuous Sampling untuk mengidentifikasi jenis tumbuhan obat.

 

Penelitian ini menunjukkan adanya potensi dankeragaman jenis tumbuhan obat pada tipe tutupan lahan yang terdapat di Bukit Besar KHDTK. Hasil pengamatan tumbuhan berkhasiat obat pada hutan alam dengan potensi sebanyak 191 batang/plot dan rata-rata potensi yang dihasilkan 47,75 batang/ha. Sedangkan pada potensi hutan tanaman ditemukan 42 batang/plot dengan hasil rata-rata potensi 10,5 batang/ha. Total jenis tumbuhan berkhasiat obat yang ditemukan pada wilayah penelitian dengan luas 1,4 ha, didapatkan 22 jenis tumbuhan obat pada semua kategori tumbuhan. Adapun 9 jenis kategori semai, 10 jenis kategori pancang, 6 jenis kategori tiang dan 2 jenis kategori pohon. Berdasarkan tipe tutupan lahan ditemukan 21 jenis tumbuhan obat pada hutan alam dan 10 jenis tumbuhan obat pada hutan tanaman. Hasil daripengamatan terlihat bahwa keanekaragaman jenis tumbuhan obat di hutan alam sangat signifikan berbeda dengan jenis tumbuhan obat yang ditemukan di hutan tanaman.

 

Kata kunci:Inventarisasi, Tumbuhan Obat

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI