DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PARTISIPASI MASYARAKAT DAPAM PENGEMBANGAN OBYEK WISATA KERENG BENGKIRAI KECAMATAN SABANGAU KALIMANTAN TENGAH TAHUN 2012-2018
PENGARANG:FREDI SETYO WIJI HATMOKO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-04-28


                                                                             ABSTRAK

Fredi Setyo Wiji Hatmoko, 2020. Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Obyek Wisata Kereng Bengkirai Kecamatan Sabangau Kalimantan Tengah Tahun 2012-2018. Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I Dra. Hj. Rochgiyanti, M.Si, M,Pd. Pembimbing II Heri Susanto,M.Pd.  

Pengembangan pariwisata agar menjadi salah satu sektor yang dapat memberikan kontribusi nyata untuk masyarakat sekita Obyek Wisata Kereng Bengkirai. Obyek wisata Kereng Bengkirai merupakan Obyek Wisata buatan  yang terletak di Kelurahan Kereng Bengkirai Kecamatan Sabangau Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengemukakan bentuk partisipasi masyarakat dalam pengembengan obyek Wisata Kereng Bengkirai di Kota Palangka Raya dari tahun 2012-2018. 2) Untuk mengetahui faktor yang mendorong masyarakat dalam pelaksanaan pengembangan obyek Wisata Kereng Bengkirai di Kota Palangka Raya dari tahun 2012-2018. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini agar dapat memberikan manfaat yaitu sebagai berikut :1. Manfaat Teoritis, 2. Manfaat Praktis. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian historis. Sumber sejarah yang digunakan dalam penulisan skripsi ini yaitu sumber tertulis dan sumber lisan; 1) Sumber tertulis, 2) Sumber lisan, 3) Sumber benda. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian historis. Untuk teknik pengumpulan data dilakukan yaitu; a) Observasi (Pengamatan), b) Interview (Wawancara), c) Dokumentasi. Hasil yang di peroleh dari penelitian in yaitu; bentuk partisipasi yang dilakukan oleh masyarakat Kereng Bangkirai yaitu dalam bentuk promosi  seperti promosi di sosial media facebook, website dan iklan-iklan di internet serta radio maupun media cetak lainnya. Fasilitas pendukung seperti kapal susur sungai, bebek air, mushola, tempat parkir dan toilet yang sifat nya digunakan untuk umum. Faktor pendorong pengembangan yaitu karena ekonomi, Peluang kerja dan kesempatan kerja yang daya saingnya sangat pesat, transportasi serta peningkatan pariwisata. 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI