DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KINERJA APARATUR DALAM PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (KTP-el) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BARITO TIMUR
PENGARANG:WINDA RAHMADANY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-04-28


Kinerja merupakan suatu hasil pekerjaan yang telah dicapai oleh aparatur berdasarkan tugas dan fungsinya. Kinerja aparatur menjadi fokus utama dalam memastikan penyelenggaraan pelayanan publik berjalan dengan baik. Oleh karena itu, sebagai penyelenggara pelayanan pemerintah dituntut untuk memiliki kinerja yang optimal untuk memenuhi kebutuhan pelayanan publik yang semakin meningkat di masyarakat. Kinerja aparatur dalam pelayanan KTP-el di Disdukcapil Kabupaten Barito Timur masih ditemukan berbagai persoalan yang menimbulkan keluhan dimasyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Dengan sumber data berupa data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik Analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja aparatur dalam pelayanan KTP-el di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barito Timur sudah baik meski belum dapat sesuai dengan harapan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja aparatur dalam pelayanan KTP-el yaitu faktor pendukung yakni faktor individu, faktor kepemimpinan, serta sarana dan prasarana. Faktor penghambat yakni kondisi jaringan dan bahan baku KTP-el, adanya praktik calo, dan kedisiplinan.

Kata Kunci: Kinerja, Pelayanan Publik, KTP-el.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI