DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DAMPAK KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 12 BANJARMASIN
PENGARANG:DAHLIA
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-15


Kepercayaan diri dalam diri peserta didik merupakan hal yang penting, karena dengan adanya kepercayaan diri maka peserta didik memiliki keyakinan diri dan mempunyai pengetahuan terhadap kemampuan yang dimiliki sehingga peserta didik mampu mengembangkan pengetahuan dan hasil belajarnya. Permasalahan yang dihadapi peserta didik tidak mampu mengerjakan soal Ekonomi, tidak berani mengerjakan soal di depan kelas karena tidak bisa memberikan alasan, tidak yakin dengan apa yang dilakukan dan berfikiran akan gagal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: 1) Mengetahui gambaran kepercayaan diri peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Banjarmasin, 2) mengetahui gambaran hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Banjarmasin, dan 3) mengetahui dampak kepercayaan diri peserta didik terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Banjarmasin.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi sebesar 433 orang dan untuk penentuan sampel menggunakan teknik Sampling Purposive sehingga sampelnya sebesar 57 orang. Teknik pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kepercayaan diri termasuk dalam kategori tinggi dengan tingkat persentase sebesar 76,92%, hasil belajar termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan tingkat persentase sebesar 79,40% dan terbukti bahwa kepercayaan diri peserta didik berdampak positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Banjarmasin sebesar 0,779 atau 77,9% dengan kategori kuat dan 22,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Saran yang diberikan yaitu hendaknya peserta didik menigkatkan kepercayaan diri dengan melakukan berbagai kegiatan yang positif seperti belajar lebih giat, dan pesrta didik disarankan untuk lebih aktif dengan mengajukan pertanyaan, pendapat dan berdiskusi. Hendaknya pendidik merangsang peserta didik untuk aktif dengan cara memberikan waktu peserta didik untuk bertanya, menjawab dan pendidik diharapkan memakai metode yang menarik agar peserta didik bisa memahami materi agar hasil belajarnya meningkat.
Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Hasil Belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI