DIGITAL LIBRARY



JUDUL:AKTIVITAS SOSIAL MASYARAKAT KAMPUNG PELANGI BANJARBARU SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:RUSLI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-04-29


ABSTRAK

Rusli. 2020. Aktivitas Sosial Masyarakat Kampung Pelangi Banjarbaru Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Dr. Bambang Subiyakto, M.Hum dan Pembimbing II:  Muhammad Adhitya Hidayat Putra, M.Pd.

 

 Aktivitas sosial tidak akan pernah terlepas dari kehidupan setiap masyarakat, karena masyarakat selalu melaksanakan aktivitas, akan tetapi penggunaan aktivitas dalam kehidupan masyarakat masih jarang dalam pembelajaran baik berupa foto maupun vedio, padahal aktivitas dalam masyarakat dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar yang kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan gambaran kampung pelangi kelurahan Guntung Paikat Banjarbaru Selatan, 2) Mendeskripsikan aktivitas sosial masyarakat kampung pelangi Kelurahan Guntung Paikat Kecamatan Banjarbaru Selatan, 3) Mendeskripsikan integrasi aktivitas sosial masyarakat kampung pelangi sebagai sumber belajar IPS.

Pendekatan kualitatif dan metode deskriptif digunakan pada penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung ke tempat penelitian, wawancara dengan narasumber yaitu Lurah Guntung Paikat, Ketua RT dan RW, masyarakat Kampung Pelangi, ketua pokdarwis Kampung Pelangi, serta guru IPS dan dokumentasi yang dilakukan saatobservasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri yang membuat pedoman pengamatan, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan yang terakhir verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.

Hasil penelitian terhadap aktivitas sosial masyarakat kampung pelangi Banjarbaru adalah sebagai berikut: 1)Kampung pelangi merupakan kawasan permukiman penduduk yang termasuk daerah administratif kelurahan guntung paikat, kecamatan Banjarbaru selatan, Kota Banjarbaru ditandai dengan corak rumah masyarakat yang berwarna-warni di bantaran sungai kemuning. 2) Aktivitas sosial yang dilaksanakan yaitu gotong royong yang berupa kebersihan lingkungan dan saling membantu kalau ada hajatan. Aktivitas selanjutnya berupa pelatihan keterampilan wanita serta bakti sosial dan selanjutnya berupa arisan ibu-ibu yang dilaksanakan pada rabu sore dilanggar Nurul Iman dan minggu sore di rumah anggota arisan.3) Aktivitas sosial masyarakat kampung pelangi Banjarbaru dapat diintegrasikan pada proses pembelajaran IPS yaitu sebagai sumber belajar IPS kelas VII semester Ipada materi ajar tentang interaksi sosial (pengertian, syarat dan bentuk)dengan tujuan agar peserta didik dapat menggali informasi dan potensi yang ada di lingkungannya.

Kata kunci : Masyarakat, Aktivitas Sosial, Sumber belajar IPS

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI