DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KINERJA APARATUR PEMERINTAH DESA BATAMPANG DALAM PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT DESA BATAMPANG KECAMATAN DUSUN HILIR KABUPATEN BARITO SELATAN
PENGARANG:AMIRUL HAKIM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-04-30


Amirul Hakim. 161411610003, 2021, “Kinerja Aparatur Pemerintah Desa Batampang Dalam Pelayanan Kepada Masyarakat Desa Batampang Kecamatan Dusun Hilir Kabupaten Barito Selatan”, Dibimbing Oleh Erma Ariyani

Penelitian ini berfokus pada Kinerja Aparatur Pemerintah Desa Batampang Dalam Pelayanan Kepada Masyarakat Desa Batampang Kecamatan Dusun Hilir Kabupaten Barito Selatan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Mengetahui Kinerja Aparatur Desa Batampang dalam pelayanan kepada masyarakat Desa Batampang Kecamatan Dusun Hilir Kabupaten Barito Selatan dan Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Kinerja Aparatur Desa dalam pelayanan kepada Masyarakat Desa Batampang Kecamatan Dusun Hilir Kabupaten Barito Selatan. Indikator kinerja menurut Amstrong dan Barron yaitu (1) Kualitas Kinerja (2) Ketepatan Waktu (3) Inisiatif (4) Kemampuan Komunikasi (5) Kualitas Pelayanan (6) Hasil Kerja (7) Ketepatan Kerja (8) Akuntabilitas.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah 13 orang yang merupakan Perangkat Desa Batampang, Ketua Badan Permusyawaratan Desa, dan masyarakat yang pernah menerima pelayanan di Desa Batampang.

Hasil penelitian menunjukkan (1) Kinerja aparatur desa dalam memberikan pelayanan publik di Desa Batampang Kecamatan Dusun Hilir Kabupaten Barito Selaan sudah cukup baik, namun masih terdapat beberapa indikator ukuran kinerja yang belum sepenuhnya sesuai dengan kinerja pemerintah desa dalam pelayanan publik. (2) Hambatan-hambatan yang ditemukan pada Kinerja Pemerintah Desa dalam Pelayanan Publik di Desa Batampang Kecamatan Dusun Hilir Kabupaten Barito Selatan diantaranya adalah Masih minimnya sumber daya manusia pemerintah desa untuk melakukan inovasi pelayanan, belum lengkapnya sarana dan prasarana penunjang pelayanan publik, masih adanya beberapa aparatur desa yang memiliki karakter atau individu yang belum disiplin seperti datang terlambat dan tidak masuk kerja.(3) Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan mengenai Kinerja Aparatur Desa dalam Pelayanan Publik di Desa Batampang Kecamatan Dusun Hilir Kabupaten Barito Selatan diantaranya adalah Meningkatkan sumber daya manusia pemerintahan desa baik dengan melakukan pelatihan ataupun pembinaan, melengkapi sarana dan prasarana yang diperlukan oleh pemerintah desa dalam memberikan pelayanan publik, dan meningkatkan kemampuan atau kepekaan terhadap apa yang dibutuhkan masyarakat dalam pelayanan publik.

Kata Kunci : Kinerja Aparatur Desa, Pelayanan Publik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI