DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI KARAKTER DALAM KUMPULAN CERPEN GALUH SAKINDIT KISDAP BANJAR KARYA JAMAL T. SURYANATA
PENGARANG:RIZA ABADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-04-30


ABSTRAK

 

Abadi, Riza. 2019. Nilai Karakter dalam Kumpulan Cerpen Galuh Sakindit Kisdap Banjar Karya Jamal T. Suryanata. Tesis. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. H. Zulkifli, M.Pd., dan (II) Dr. M. Rafiek, M.Pd.

 

Kata Kunci: nilai karakter, cerpen

 

            Cerpen merupakan cerita pendek dengan menggunakan gaya bahasa para pengarangnya. Bagi sebagian masyarakat, cerpen hanyalah sebagai bacaan penghibur. Gaya bahasa yang ditunjukkan oleh para penulis atau pencipta hendaknya tidak hanya menonjolkan kekreatifitasan saja, tetapi dalam karya sastra hendaknya juga mengandung nasihat-nasihat yang bermanfaat untuk kehidupan masyarakat. Setiap pengarang atau pencipta memiliki khas tersendiri dalam karya sastra. Termasuk cerpen berbahasa Banjar ini. Dengan rumusan masalah untuk mengetahui nilai-nilai karakter dalam kumpulan cerpen Galuh Sakindit Kisdap Banjar Karya Jamal T. Suryanata, diharapkan penelitian ini dapat mengungkapkan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam kumpulan cerpen tersebut.

                        Metode dalam penelitian ini merupakan metode kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian sastra dengan teknik pengumpulan data yaitu (1) pengumpulan data, (2) penyeleksian data, (3) menganalisis data dalam tabel, dan (4) menyimpulkan data. Dengan menggunakan metode ini diharapkan penelitian dapat menghasilkan tujuan yang  sesuai dengan apa yang diharapkan peneliti. Peneliti mengambil data sebanyak 10 cerpen berbahasa Banjar. Sumber data yang diambil dari kumpulan cerpen karya Jamal T.Suryanata.

                        Hasil penelitian ini menemukan bahwa nilai karakter yang terdapat dalam kumpulan cerpen Galuh Sakindit Kisdap Banjar Karya Jamal T. Suryanata mengacu kepada 18 nilai karakter, yaitu: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan atau nasionalisme, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.

                        Cerpen tidak hanya sekedar menjadi bacaan bagi masyarakat tetapi juga harus mengandung pesan apa yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca untuk menambah ilmu, wawasan, dan pengetahuan. Seperti yang terdapat pada kumpulan cerpen Galuh Sakindit Kisdap Banjar Karya Jamal T. Suryanata yang diteliti oleh peneliti, dalam kumpulan cerpen tersebut terdapat nilai-nilai lokal masyarakat Banjar itu sendiri dan nilai-nilai karakter yang penting untuk pembentuk kepribadian yang lebih baik dan lebih positif dalam kehidupan sehari-hari. Wujud nilai karakter dalam masyarakat sangatlah penting dalam kehidupan sekarang ini. Maka dari itu, untuk terwujudnya penerapan nilai-nilai karakter ini bergantung kepada diri sendiri, masyarakat, dan lingkungan. Untuk itu perlu adanya saling peduli dan saling menjaga dari berbagai pihak untuk bisa terus menerapkan nilai-nilai karakter ini dalam kehidupan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI