DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KINERJA DINAS EPNANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DALAM EPMBERIAN PEMBUATAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) PERUMAHAN DI KOTA BANJARBARU
PENGARANG:NOR IMANNIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-05-03


ABSTRAK

 

Nor Imanniah, NIM 1710411320031, 2021, Kinerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dalam Pemberian Pembuatan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Perumahan di Kota Banjarbaru, Di Bawah Bimbingan Bapak Sugeng Karyadi.

Kinerja Organisasi merupakan hal yang penting untuk diketahui sebagai suatu gambaran mengenai tingkat pencapaian hasil dari kegiatan yang telah dilaksanakan. Berbagai upaya yang telah dilakukan untuk mengoptimalkan pelaksanaan kegiatan, namun masih ditemukan fakta-fakta bahwa penyelesaian pembuatan Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Perumahan itu masih tidak sesuai dengan waktu yang ada pada SOP yang sudah dibuat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kinerja DPMPTSP dalam memberikan pelayanan IMB. 2) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat Kinerja DPMPTSP dalam pemberian pembuatan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) perumahan.

Metode Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Dengan Teknik analisis data antara lain reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja DPMPTSP dalam pemberian pembuatan Izin Mendirikan Bangunan (IMB)  Perumahan di Kota Banjarbaru sudah dilakukan secara optimal mampu menyediakan fasilitas yang membuat masyarakat nyaman dalam mengurus izin di DPMPTSP dan dapat mencapai target yang sudah ditentukan setiap tahunnya. Namun, terkesan tidak optimal karena beberapa hambatan salah satunya yaitu faktor individu kurangnya kedisiplinan dan rasa tanggung jawab terhadap tugasnya, faktor tim kurangnya SDM untuk tim teknis, dan faktor situasional dari masyarakat, karena tidak berperan aktif melaksanakan tanggung jawab untuk membayar pajak terlebih dahulu sebelum menggunakan papan IMB. Hambatan tersebut dapat diminimalisir jika dalam perekrutannya pegawai yang diterima diberikan pelatihan terlebih dahulu dan penambahan pegawai untuk tim teknis yang lebih berkompeten dibidangnya, memberikan teguran kepada masyarakat agar lebih patuh dalam membayar pajak, dan menyesuaikan SOP DPMPTSP dengan DISPERKIM. 

 

 

Kata Kunci: Kinerja Organisasi, DPMTSP, Pembuatan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Perumahan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI