DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Partisipasi Masyarakat Terhadap Pelaksanaan Program Kampung KB - Kampung Baiman (KKB - KB) di Kelurahan Pelambuan Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin
PENGARANG:NISRINA QUTRATU’AIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-05-03


ABSTRAK

Nisrina Qutratu’ain, 1710411320027. 2021. Pengaruh Partisipasi Masyarakat Terhadap Pelaksanaan Program Kampung Keluarga Berencana – Kampung Baiman (KKB –KB) di Kelurahan Pelambuan Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin, di bawah bimbingan Sugeng Karyadi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh partisipasi masyarakat terhadap pelaksanaan program Kampung Keluarga Berencana – Kampung Baiman (KKB – KB) di Kelurahan Pelambuan Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tahapan/ tingkatan partisipasi masyarakat menurut Yadav yang meliputi; pengambilan keputusan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi, serta pemanfaatan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sumber data primer berupa angket penelitian (kuisioner) dengan menggunakan skala Likert. Kemudian data dikumpulkan melalui angket yang diisi oleh responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi Pearson Product Moment untuk menyatakan ada atau tidaknya hubungan antara variabel X dan variabel, analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh antara variabel independen dan dependen secara signifikan dan parsial (uji T) serta secara signifikan dan simultan (uji F/ Anova Test).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang besar antara partisipasi masyarakat dengan pelaksanaan program Kampung KB – Kampung Baiman dengan koefisien determinasi yaitu 0,684 yang memiliki pengertian bahwa pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 68,4%. Sehingga pernyataan yang berlaku yaitu Ha diterima H0 ditolak. Partisipasi masyarakat dalam tahap pengambilan keputusan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi, maupun pemanfaatan dinilai sudah cukup baik walaupun terdapat beberapa hal yang perlu lebih ditingkatkan lagi.

Hasil penelitian ini disarankan: 1. Pengurus Kampung KB dapat melakukan sosialisasi untuk masing-masing kelompok kegiatan (poktan) dengan menyampaikan materi pembinaan yang telah didapatkan agar tercapainya tujuan program Kampung KB – Kampung Baiman secara maksimal. 2. Masyarakat agar lebih meningkatkan kepedulian dan kesadaran dalam diri masing-masing akan pentingnya partisipasi masyarakat terhadap pelaksanaan program Kampung KB – Kampung Baiman, khususnya di Kampung KB Kelurahan Pelambuan. 3. Peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian lebih mendalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam pelaksanan suatu program.

Kata Kunci: Partisipasi Masyarakat dan Pelaksanaan Program Kampung KB – Kampung Baiman

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI