DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM PENGELOLAAN SEKOLAH (STUDI MULTI SITUS DI SMK NEGERI 2 BANJARMASIN DAN SMK NEGERI 4 BANJARMASIN)
PENGARANG:Ainun Jariah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-05-03


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi, strategi dan evaluasi Total Quality Management dalam pengelolaan sekolah yang menggunakan metode lintas situs. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data primer yang dikumpulkan melalui observasi dan wawancara kemudian dianalisis menggunakan analisis Miles dan Huberman. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Banjarmasin sebagai Situs I dan SMK Negeri 4 Banjarmasin sebagai Situs II dengan Kepala Sekolah, Wakil Kepala bidang Manajemen Mutu dan Tim Pengembang Sekolah sebagai Narasumber.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Total Quality Management (TQM) pada kedua situs diawali dengan 1) perencanaan yang memuat ukuran atau standarisasi mutu yang akan dipakai; 2) pelaksanaan Evaluasi Diri Sekolah (EDS); 3) perumusan dan pembuatan visi, misi dan tujuan sekolah sebagai pedoman; 4) pembuatan Rencana Kerja Sekolah (RKS), Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS); serta 5) pengembangan kurikulum. Strategi yang untuk mengimplementasikan Total Quality Management (TQM) pada pengelolaan sekolah dimulai dengan: 1) pembuatan Tim Pengembang Mutu; 2) pembagian tugas dan tanggung jawab antar anggota tim; 3) penyelarasan dan penguatan komitmen; dan 4) manajemen sumber daya manusia yang baik. Evaluasi yang dilakukan dalam proses implementasi Total Quality Management (TQM) pada pengelolaan sekolah diawali dengan: 1) evaluasi internal; 2) evaluasi temuan atau ketidaksesuaian pelaksanaan terhadap standar yang ada; 3) evaluasi anggaran; dan 4) kontrol sosial melalui evaluasi budaya kerja dan organisasi.

Kata Kunci: Total Quality Management; TQM; Implementasi; Strategi; Evaluasi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI