DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 5 BANJARMASIN
PENGARANG:Normi
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-15


Kecerdasan emosional siswa merupakan proses pribadi yang terus berusaha mencapai tingkatan emosi yang sehat intrafisik dan intrapersonal. Kecerdasan emosional yang dimiliki siswa itu berbeda-beda. Bagi siswa yang memiliki kecerdasan emosional yang baik untuk terus mempertahankan kecerdasan emosional tersebut dan bagi siswa yang kecerdasan emosionalnya kurang baik agar terus melatih dan mendisiplinkan diri untuk meningkatkan hasil belajar. Kecerdasan emosional salah satu faktor intern yang mempengaruhi hasil belajar. Semakin baik kecerdasan emosional siswa maka semakin baik pula hasil belajarnya. Hasil belajar yang di fokuskan dalam penelitian ini yaitu hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif asosiatif. Populasi adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 5 Banjarmasin sebanyak 291 orang. Teknik pengambilan sampel melalui probability sampling dimana pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur anggota (populasi) untuk dipilih sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik kuesioner (angket), dan dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana. Data yang diperoleh dilapangan kemudian dianalisa secara kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kecerdasan Emosional (EQ) siswa kelas X di SMA Negeri 5 Banjarmasin termasuk dalam kriteria sangat baik yaitu dengan persentase sebesar 84,51%, 2) Hasil Belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Banjarmasin berdasarkan perhitungan analisis deskriptif termasuk dalam kriteria baik dengan persentase sebesar 79,80%, 3) kecerdasan emosional (EQ) memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa yaitu nilai r product moment sebesar 0,406 dengan taraf kepercayaan (tingkat kesalahan) 95% atau 5% sebesar 0,150 pada N=168 nampak bahwa rhitung lebih besar dari pada rtabel yaitu 0,406>0,150. Sehinga dapat disimpulkan nilai rhitung>rtabel, yang berarti terdapat pengaruh positif kecerdasan emosional untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X di SMA Negeri 5 Banjarmasin dengan kriteria sedang.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI