DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Upaya Meningkatkan Etika Komunikasi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teater Mamanda Pada Siswa Kelas VIII H di SMP Negeri 5 Banjarmasin
PENGARANG:IRMA ISLAMIATY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-05-04


Etika komunikasi yakni suatu norma, nilai, serta tolak ukur tingkah laku melalui menyapa, tidak mempergunjing, tidak mengolok, tidak membedakan teman, juga terlihat dari nada bicara yang lembut, tutur yang sopan, serta ekspresi yang bersahabat. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan etika komunikasi melalui layanan bimbingan kelompok dengan teater mamanda pada siswa kelas VIII H di SMP Negeri  5 Banjarmasin.

Penelitian ini Penelitian Tindakan dilaksanakan dengan tiga siklus. Pada satu siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Teknik  pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta angket. Subjek penelitian yaitu 6 orang siswa kelas VIII H dan objek penelitian adalah peningkatan etika komunikasi melalui layanan bimbingan kelompok dengan teater mamanda.

Hasil penelitian ini menunjukkan pada aspek aktivitas peneliti, aktivitas siswa, dan penggunaan teknik terjadi peningkatan etika komunikasi melalui layanan bimbingan kelompok dengan teater mamanda pada siswa kelas VIII H di SMP Negeri 5 Banjarmasin pada setiap siklus yang diberikan.  Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan teater mamanda dapat meningkatkan etika komunikasi pada siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI