DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KAJIAN KEJAIAN BANJIR DI SUB DAS BATI-BATI DAS MALUKA KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:SAIDATUL UMMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-05-04


Saidatul Ummah, Kajian Kejadian Banjir di Sub DAS Bati-bati DAS Maluka Kabupaten. Tanah Laut.  Atas bimbingan. Prof. Dr. Ir. H. Syarifuddin Kadir, M.Si Selaku dosen pembimbing pertama dan Hj. Dina Nemah  S. Hut, MP. Selaku dosen pembimbing kedua.

Penelitian ini bertujuan Mengidentifikasi frekuensi banjir di Sub DAS Bati-Bati DAS Maluka Kabupaten Tanah Laut.dan Menentukan arahan kualifikasi pemulihan banjir di Sub DAS Bati-Bati DAS Maluka Kabupaten Tanah Laut. Metode yang dilakukan yaitu dengan Purposive Sampling, analisis data yang digunakan yaitu mengacu pada Peraturan mentri kehutanan Republik Indonesia, NOMOR : P./60/Menhut-II/2014 dan pengolahan data dillakukan secara analisis deskriptif.

Penelitian ini dilakukan di Sub DAS Bati-bati DAS Maluka yang dilakukan di dua Kecamatan yaitu Kecamatan Bati-bati yang terdiri dari Desa Batibati, Desa Padang, Desa Benua Raya dan Desa Pandahan. Sedangkan di Kecamatan Kurau yaitu terdiri dari Desa Handil Negara dan Kali Besar. Hasil dari penelitian di Kecamatan Baiti-bati menunjukan bahwa banjir yang terjadi yaitu 1 kali dalam 2 Tahun, lama banjir yang terjadi yaitu satu sampai dua bulan dengan tinggi genangan 0,5 meter sampai 1 meter. Hasil dari penelitian di Kecamatan Kurau menunjukan bahwa banjir yang terjadi yaitu 1 kali dalam 2 Tahun, lama banjir yang terjadi yaitu kurang dari satu bulan dengan tinggi genangan 0,5 meter sampai 1 meter. Untuk hasil dari Kulifikasi pemulihan di dua Kecamatan tersebut menunjukan bahwa hasilnya ialah sedang. Untuk pengendalian kerawanan banjir disarankan dengan diprogramkannya kegiatan upaya jangka panjang dan jangka pendek.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI