DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PJOK PADA SISWA KELAS V SDIT UKHUWAH BANJARMASIN
PENGARANG:SOLEH PERMANA ADETIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-05-04


Belum selesai era revolusi 4.0 muncullah era society 5.0 dan bersama dengan Pandemi Covid-19 memaksa sistem pendidikan Indonesia menggunakan teknologi dalam menyampaikan informasi dan ilmu pengetahuan. Pembelajaran daring merupakan jawaban dari sistem pembelajaran jarak jauh yang dapat dilaksanakan dirumah. Keadaan ini berdampak pada pembelajaran PJOK yang mengutamakan kegiatan fisik sehingga diasumsikan dapat mempengaruhi motivasi belajar peserta didik.

Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan pembelajaran daring dan motivasi belajar serta menganalisis pengaruh pembelajaran daring dan motivasi belajar PJOK siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif. Sampel penelitian menggunakan probability sampling sebanyak 92 peserta didik. Instrumen pengumpulan data yaitu angket yang telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas. Analisis data untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi linier sederhana.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran daring dan motivasi belajar siswa berada pada klasifikasi tinggi, (2) ada hubungan berarti sebesar 0.009 antara pembelajaran daring terhadap motivasi belajar tetapi dengan nilai deviation for linearity 0.000 hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa kelas V pada materi PJOK.

Saran yang diberikan kepada guru agar lebih meningkatkan kreatifitasan dan inovatif yang menarik dan menyenangkan dalam pembelajaran, sehingga anak-anak akan lebih bersemangat dan dapat meningkatkan motivasi siswa. Kepada penelitian selanjutnya agar dapat meneliti sejauh mana pengaruh pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa khususnya mata pelajaran PJOK.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI